Muharromah, Fadilatul (2025) ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA SEBLAK PUSAT SEKTOR MANGLI DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Fadilatul Muharromah_212105020022.pdf Download (7MB) |
Abstract
Usaha Seblak Pusat di sektor Mangli merupakan salah satu usaha kuliner yang cukup terkenal dan memiliki keunggulandalam strategi pemasaran dibandingkan dengan usaha seblaklainnya di daerah tersebut. Analisis kelayakan bisnis menjadiaspek yang sangat penting untuk dikaji guna menentukan apakah suatu usaha layak atau tidak untuk dijalankan dalam jangka panjang.
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti kelayakan usaha Seblak Pusat di sektor Mangli dengan mempertimbangkan berbagai aspek kelayakan bisnis, seperti aspek pemasaran, keuangan, ekonomi dan sosial, teknis dan operasional, organisasi, analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), serta aspek hukum.Penelitian ini Bertujuan untuk Menganalisis kelayakan bisnis dalam menjngkatkan daya saing pada usaha seblak pusat sektor mangli
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan field research teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penyusunan penelitian ini adalah menggunakan snowball. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1.)Usaha Seblak Pusat telah memenuhi sebagian besar aspek kelayakan bisnis, kecuali aspek hukum. Hal ini disebabkan oleh belum adanya surat izin usaha yang resmi serta belum diperbaruinya sertifikasi halal pada produk seblaknya. Sehingga dapat berdampak pada keberlanjutan usaha dalam jangka panjang, terutama dalam hal legalitas dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.2) Dari perspektif ekonomi Islam, strategi yang diterapkan oleh pemilik dan karyawan Seblak Pusat dalam meningkatkan daya saing sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan keberkahan dalam usaha. Namun, dalam aspek pelayanan, usaha ini masih menghadapi kendala, terutama dalam sistem pemesanan online.
Seblak Pusat belum menjalin kerja sama dengan layanan kurir online, sehingga proses pemesanan dan pengantaran produk menjadi kurang efisien dan memerlukan waktu yang lebih lama. Hal ini dapat memengaruhi kepuasan pelanggan dan potensi peningkatan penjualan melalui platform digital. Oleh karena itu, disarankan agar usaha Seblak Pusat segera menjalin kerja sama dengan layanan kurir online guna meningkatkan kualitas pelayanan dan memperluas jangkauan pasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelayakan Bisnis,Daya Saing,Ekonomi Islam |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fadilatul Muharromah |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:13 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |