Arli Maulidin, Alvino (2025) PENGEMBANGAN MODUL FAMA (FARAIDH MATEMATIKA) BERBASIS KITAB UDDATUL FARIDH DI PONDOK PESANTREN DARUS SHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi_Alvino Arli Maulidin_214101070006.pdf Download (15MB) |
Abstract
Keterbatasan sumber belajar seringkali menjadi tantangan bagi peserta didik untuk memahami konsep pelajaran dengan mudah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalah ini adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa modul sebagai upaya strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Modul ini nantinya akan digunakan untuk mempermudah dalam memahami konsep ilmu faraidh yang disajikan dengan konsep matematis yang dinamakan dengan modul
FAMA.
Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pengembangan modul FAMA (Faraidh Matematika) berbasiskan kitab Uddatul faridh pada pondok pesantren Darus Sholah Jember. 2) mendeskripsikan kelayakan modul FAMA (Faraidh Matematika) berbasiskan kitab Uddatul faridh pada pondok pesantren Darus Sholah Jember. 3)Untuk mendeskripsikan kepraktisan modul FAMA (Faraidh Matematika) berbasiskan kitab Uddatul faridh terhadap pemahaman materi faraidh pada santri pondok pesantren Darus Sholah Jember. 4) mendeskripsikan keefektifan modul FAMA (Faraidh Matematika) berbasiskan kitab Uddatul faridh terhadap pemahaman materi faraidh pada santri pondok pesantren Darus Sholah Jember.
Penelitian ini berfokus pada pengembangan Modul Faraidh Matematika berbasis kitab klasik “Uddatul Faridh” dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap. Tahapan pertama adalah analysis yang mendeskripsikan kebutuhan di lokasi penelitian. Tahap design menjabarkan rancangan desain modul yang akan dikembangkan dan instrumen yang diguanakan. Tahap development merupakan tahap pengembangan yang berisi revisi produk berdasarkan saran dari validator ahli. Tahap implementation bertujuan untuk mengimplementasikan modul secara langsung kepada peserta didik dan menilai kepraktisan dan keefektifan modul. Tahap evaluation pada dilakukan disetiap tahap pada penelitian model ADDIE dengan tujuan untuk merefleksi dan merevisi produk sesuai dengan masukan dari validator ahli dan memperbaiki kesalahan yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian oleh ahli materi dan media menghasilkan skor validitas sebesar 92,3%, mengindikasikan bahwa modul ini sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil angket kepraktisan menunjukkan bahwa modul ini memiliki kepraktisan tinggi dengan skor 91,3% untuk angket respon guru dan 87,8% untuk angket respon peserta didik. Hasil uji efektivitasmenggunakan uji normalized gain dan diperoleh nilai sebesar 0.8367 sehingga dapat diimpulkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman yang termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Alvino Arli Maulidin |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:02 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |