Firma Khoirunnisa’, - (2021) Penerapan e-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus Di Smp. Negeri 2 Srono-Banyuwangi). Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Firma Khoirunnisa’_T20171184.pdf Download (3MB) |
Abstract
Firma Khoirunnisa’. 2021. Penerapan e-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus Di Smp. Negeri 2 Srono-Banyuwangi). Kata kunci: E-learning, Pembelajaran Jarak Jauh, pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada abad ke-21 terjadi banyak perkembangan dalam dunia pendidikan. Pada abad dimana manusia sudah mulai semakin akrab dengan teknologi. Kini perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi pada saat ini berkembang sangatlah pesat, dimana bidang pendidikan untuk selalu meningkatkan mutunya sehingga saat ini terjadi di sekolah, dimana sekolah bisa menerapkan e-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu penggunaan teknologi pada masa ini, begitu penting digunakan agar proses pembelajaran dapat terus berjalan serta tidak ketinggalan zaman, walaupun juga dengan proses pembelajaran yang terpisah antara pendidik dan peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan e-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh tipe synchronous training pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Srono Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan elearning dalam sistem pembelajaran jarak jauh tipe Asynchronus training pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Srono Banyuwangi? Tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan e-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh tipe synchronous training pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Srono Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan elearning dalam sistem pembelajaran jarak jauh tipe Asynchronus training pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Srono-Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek yang dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model milles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan e-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh tipe synchronous training pada mata pelajaran pendidikan agama Islam meliputi: Sekolah mengadakan workshop tentang bahan ajar pembelajaran secara online, setiap guru menyiapkan media pembelajaran sebelum dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh secara online tetapi peserta didik melaksanakan proses pembelajaran secara waktu yang bersamaan . 2) Pelaksanaan e-learning dalam sistem pembelajaran jarak jauh tipe Asynchronus training pada mata pelajaran pendidikan agama Islam seperti: peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran jarak jauh secara online diharuskan absen terlebih dahulu, guru memberikan materi melalui video pembelajaran ataupun PPT dan materi yang ada di buku yang sudah disediakan dari sekolah, akan tetapi peserta didik ketika mengumpulkan tugas dan menanyakan soal materi bisa terjadi kapanpun dan dimanapun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:52 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4044 |
Actions (login required)
View Item |