Achmad, Muwaffiq (2025) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Rogojampi. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI ACHMAD MUWAFFIQ_212101010035.pdf Download (7MB) |
Abstract
Evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka memiliki cakupan yang lebih luas dan fleksibel dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya. Tujuannya bukan hanya untuk mengukur pencapaian kognitif siswa, tetapi juga untuk melihat perkembangan kompetensi holistik, termasuk sikap, keterampilan, dan kreativitas. Secara umum evaluasi pembelajaran dalam kurikulum Merdeka meliputi assesmen Diagnostik, Formatif, dan Sumatif.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1.) Bagaimana perencanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum Merdeka di SMPN 3 Rogojampi? 2.) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum Merdeka di SMPN 3 Rogojampi? 3.) Bagaimana hasil dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum Merdeka di SMPN 3 Rogojampi?
Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1.) Perencanaan evaluasi pembelajaran dalam kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Rogojampi dilakukan dengan tahap menentukan tujuan evauasi pembelajaran, menentukan jenis evaluasi, menentukan indikator pencapaian, Teknik pengumpulan data dalam evaluasi pembelajaran, dan menentukan jadwal evaluasi pembelajaran. 2.) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Rogojampi meliputi persiapan instrument evaluasi, pelaksanaan evaluasi,pengumpulan data evaluasi, pemantauan proses pembelajaran dalam evaluasi, dan analisis awal hasil evaluasi. 3.) Hasil dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran dalam kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Rogojampi meliputi evaluasi hasil belajar, identifikasi kelemahan dan kelebihan siswa, memberikan umpan balik, dan perbaikan proses pembelajaran.
Kata kunci : Evaluasi Pembelajaran; PAI & BP; Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Achmad Muwaffiq |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:21 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |