Penggunaan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Mima 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

NAFI’ATUN NISA’, - (2021) Penggunaan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Mima 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
NAFI’ATUN NISA’_084144066.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nafi’atun Nisa’, 2020: Penggunaan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Mima 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Proses kegiatan pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana Penggunaan Bahan Ajar Cetak pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana Penggunaan Bahan Ajar Audio pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana Penggunaan Bahan Ajar Audio Visual pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan Penggunaan Bahan Ajar Cetak pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) untuk mendeskripsikan Penggunaan Bahan Ajar Audio pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) untuk mendeskripsikan Penggunaan Bahan Ajar Audio Visual pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Hubberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah: (1) penggunaan bahan ajar cetak berupa poster bergambar pada materi Tema 7 Subtema 1 tentang Indahnya Keragaman di Negeriku. Penggunaannya disesuaikan tengan isi materi yang akan disampaikan oleh guru. Yakni sebelum melakukan pembelajaran, guru sudah menyiapkan bahan ajar cetak untuk kemudian dijadikan sebagai bahan untuk memudahkan penyampaian materi kepada peserta didik. (2) penggunaan bahan ajar audio yaitu dengan menggunakan bahan ajar audio berupa speaker mini pada materi Tema 8 Subtema 1 tentang Asal Mula Terjadinya Rawa Pening untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Selain itu pembelajarannya juga menjadi sangat menarik karena siswa banyak yang antusias ketika menggunakan bahan ajar dengar berupa speaker mini tersebut. (3) penggunaan bahan ajar audio visual berupa komputer yang dibantu dengan pengeras suara pada materi Tema 9 Subtema 1 Macam-macam Sumber Energi. Sebelumnya merancang langkah-langkah pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik, kemudian memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang sudah disampaikan sebagai bahan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 25 May 2022 02:53
Last Modified: 25 May 2022 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item