PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI AL BAROKAH AN-NUR AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Wahyu, Achmad (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI AL BAROKAH AN-NUR AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
achmad wahyu_T20194022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar adalah
dengan menggunakan media pembelajaran. Mengingat kurangnya variasi pada media
pembelajaran tersebut membuat peserta didik kurang tertarik pada pembelajaran sehingga
berdampak pada proses belajar peserta didik yang masih rendah.. Melihat masalah
tersebut maka diperlukan adanya pengembangan untuk menyebarluaskan media
pembelajaran yang lebih menarik di sekolah salah satunya yaitu dengan melalui media
pembelajaran canva . Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terhadap siswa kelas
V MI AL Barokah An-nur di Ajung Jember dalam melihat efektivitas dan kelayakan
penggunaan media video berbasis canva.
Adapun rumusan masalah dalam pengembangan media Video berbasis canva,
yaitu (1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran video canva pada
pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas V MI Al Barokah An￾Nur Ajung Jember (2) bagaimana kelayakan media pembelajaran video canva pada
pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas V MI AL Barokah An￾nur Ajung Jember; (3) bagaimana keefektifan media pembelajaran video canva pada
pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas V MI AL Barokah An￾nur Ajung Jember.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan
prosedural yang bersifat deskriptif model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan kerja
yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada teknik
pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Kemudian
teknik analisis penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data
kuantitatif diperoleh dari angket dan tes yang dilakukan siswa MI Al Barokan An-nur
Ajung Jember kelas V. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara
oleh peneliti.
Hasil penelitian ini berupa (1) media video berbasis canva pada pembelajaran
tematik tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 dikelas 5, sebagaimana berikut link youtube :
https://youtu.be/q5668A-bcaA?si=pJOvyfswj3WIJYmN (2) hasil dari analisis kelayakan
media interaktif berbasis canva oleh validator ahli media sebesar 92,5% dengan kategori
sangat layak, oleh validator ahli materi sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak, dan
oleh validator pembelajaran sebesar 90% dengan kategori layak; (3) hasil keefektifan
yang diperoleh dari pretest 41,5% dan posttest 88% dan setelah dihitung menunjukan
hasil yang diperoleh sebesar 71,82% dengan kriteria efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Achmad Achmad Wahyu
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:28
Last Modified: 29 Apr 2025 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40457

Actions (login required)

View Item View Item