MANAJEMEN KURIKULUM INTRAKURIKULER PADA PROGRAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER

Zulfa, Nisa (2025) MANAJEMEN KURIKULUM INTRAKURIKULER PADA PROGRAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulfa Hoirin Nisa _212101030011.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Zulfa Hoirin Nisa, 2025: Manajemen Kurikulum Intrakurikuler pada Program
Desain Komunikasi Visual dalam Membangun Literasi Digital di Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Intrakurikuler, Desain Komunikasi Visual,
Literasi Digital
Manajemen kurikulum intrakurikuler merupakan proses pengelolaan
kurikulum yang berlangsung dalam jam pelajaran resmi untuk mendukung
pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif, khususnya dalam penguatan
kompetensi siswa di bidang tertentu. Program Desain Komunikasi Visual (DKV)
di SMK Negeri 5 Jember merupakan salah satu sarana pembelajaran kreatif
berbasis teknologi yang relevan untuk membangun literasi digital. Literasi digital
sendiri adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan memanfaatkan
teknologi serta media digital secara bijak dan produktif.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses perencanaan (planning)
manajemen kurikulum intrakurikuler pada program DKV dalam membangun
literasi digital di SMK Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana pengorganisasian
(organizing) sumber daya dalam program tersebut? 3) Bagaimana pelaksanaan
(actuating) manajemen kurikulum intrakurikuler pada program DKV? 4)
Bagaimana pengendalian (controlling) yang dilakukan dalam pengelolaan
kurikulum tersebut?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam
keempat aspek manajerial tersebut dalam konteks penerapan kurikulum DKV
yang bertujuan membangun literasi digital siswa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum intrakurikuler
pada program DKV di SMK Negeri 5 Jember berjalan cukup efektif dalam
membentuk literasi digital siswa. Proses perencanaan dilakukan dengan menyusun
kurikulum berbasis kebutuhan industri kreatif. Pengorganisasian difokuskan pada
optimalisasi peran guru dan fasilitas pendukung. Pelaksanaan difokuskan pada
pembelajaran berbasis proyek. Pengendalian dilakukan melalui evaluasi rutin dan
rapat evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kurikulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ZULFA NISA
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:27
Last Modified: 29 Apr 2025 04:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40477

Actions (login required)

View Item View Item