PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI BALUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025

Anwar, Khoirul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI BALUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirul Anwar_212101010083.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ispring suite adalah alat serbaguna yang bisa mengubah presentasi PowerPoint biasa menjadi pembelajaran interaktif yang lebih menarik. Dengan Ispring suite, media pembelajaran dijadikan format flash/html yang kemudian di ekstrak menjadi sebuah aplikasi pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alat penunjang siswa di dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana membuat media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti interaktif menggunakan Ispring Suite berbasis aplikasi android pada siswa kelas XI di SMA Negeri Balung Jember Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti interaktif menggunakan Ispring Suite berbasis aplikasi android pada siswa kelas XI di SMA Negeri Balung Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti interaktif menggunakan Ispring Suite berbasis aplikasi android pada siswa kelas XI di SMA Negeri Balung Jember Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Untuk mendeskripsikan kelayakan media Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti interaktif menggunakan Ispring Suite berbasis aplikasi android pada siswa kelas XI di SMA Negeri Balung Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah 1) Pembuatan media dilakukan dengan tahap analisis terlebih dahulu, yaitu analisis kebutuhan siswa, kurikulum, dan materi pembelajaran, kemudian tahap desain, dirancang media pembelajaran beserta instrumen penelitian. merumuskan tujuan, kemudian mendesain produk media dengan instrument-instrumen pendukung seperti gambar, audio, video serta membuat soal-soal. Kemudian desain yang sudah jadi diekstrak menjadi bentuk html, yang kemudian dijadikan menjadi bentuk aplikasi android menggunakan Web2apk Builder.
2) Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki kevalidan dengan skor persentase rata-rata keseluruhan sebesar 98,15% dengan kategori "sangat valid." Kepraktisan media berdasarkan respon guru dan siswa memperoleh skor persentase rata-rata 91,52%. Efektivitas media dilihat dari persentase N-Gain pretest dan postest sebesar 74,14% dengan kategori "cukup efektif," dan media ini memperoleh rata-rata persentase klasikal kelayakan media sebesar 87,93%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini “sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirul Anwar
Date Deposited: 29 Apr 2025 06:06
Last Modified: 29 Apr 2025 06:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40479

Actions (login required)

View Item View Item