“Penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1B Di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan Tahun Pelajaran 2020/2021”.

YUNI ROFIKA SANI, - (2021) “Penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1B Di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan Tahun Pelajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
YUNI ROFIKA SANI_T20174053.pdf

Download (6MB)

Abstract

Yuni Rofika Sani, 2021:“Penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1B Di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan Tahun Pelajaran 2020/2021”. Kata Kunci : Metode Global, Keterampilan Membaca Permulaan Metode global adalah pembelajaran membaca dengan cara mengenalkan kalimat, biasanya digunakan gambar dan di bawah gambar tersebut dituliskan sebuah kalimat yang kira-kira merujuk pada makna gambar tersebut. Proses penguraian kalimat menjadi kata, kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf-huruf. Penerapan pembelajaran ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo, karena sekolah ini menerapkan program unggulan (1A) yang sudah lancar membaca, dan reguler (1B) untuk kelas yang belum lancar membaca, sehingga guru kelas 1B berinisiatif menerapkan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan? ; 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan?; 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1B di SD Islam NU 07 TanjungrejoWuluhan?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan. 2) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan. 3) mendeskripsikan evaluasi penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan. Untuk mengidentifikai permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulam 1) Perencanaan penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan, yaitu sebelum guru menyusun RPP terlebih dahulu Kepala Sekolah mengadakan rapat bersama dewan guru untuk menjelaskan isi komponenkomponen dalam RPP, menyusun RPP yang didalamnya berisi materi mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan media gambar. 2) Pelaksanaaan penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan, yaitu proses kegiatan pembelajaran guru mengajarkan sesuai dengan RPP dengan menggunakan metode global melalui tiga tahap yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dengan menjelaskan materi membaca permulaan dengan menggunakan metode global tersebut kemudian penutup. 3) Evaluasi penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas 1B di SD Islam NU 07 Tanjungrejo-Wuluhan, yaitu menggunakan penilaian tertuluis dan tidak tertulis, untuk evaluasi tertulis yaitu siswa menulis dibuku tulis menguraikan kalimat, kata, suku kata dan huruf-huruf, sedangkan untuk penilaian tidak tertulis yaitu siswa membaca buku jilid secara bergantian guna mengetahui perkembangan kelancaran membaca siswa kelas 1B. Hasil dari penerapan metode global yaitu meningkat, karena dari 14 siswa yang belum lancar membaca, menjadi 11 siswa yang sudah lancar membaca dengan diterapkannya metode global.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:54
Last Modified: 25 May 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4048

Actions (login required)

View Item View Item