Pengaruh Persepsi Tentang Akreditasi Sekolah Terhadap Keputusan Mendaftar Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Nurhoikhatul Janah, Ika (2025) Pengaruh Persepsi Tentang Akreditasi Sekolah Terhadap Keputusan Mendaftar Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IKA NURHOIKHATUL JANAH_211101030059.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ika Nurhoikhatul Janah, 2025 : “Pengaruh Persepsi Tentang Akreditasi Sekolah Terhadap Keputusan Mendaftar Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025”
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Akreditasi Sekolah, Keputusan Mendaftar Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan persepsi siswa tentang akreditasi sekolah sebelum memutuskan mendaftar. Persepsi yang positif diyakini dapat memengaruhi keputusan siswa dalam memilih sekolah. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menggali informasi lebih dalam mengenai seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang akreditasi sekolah terhadap keputusan mendaftar siswa, khususnya kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi siswa kelas VIII tentang akreditasi sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana keputusan mendaftar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 3) Apakah terdapat pengaruh persepsi tentang akreditasi sekolah terhadap keputusan mendaftar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun pelajaran 2024/2025?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas VIII tentang akreditasi sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Untuk mendeskripsikan keputusan mendaftar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. 3) Untuk mengetahui apakah persepsi tentang akreditasi sekolah berpengaruh terhadap keputusan mendaftar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember yang berjumlah 352 siswa, dengan sampel 78 responden yang diambil menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS, for windows version 30.
Hasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Persepsi siswa kelas VIII tentang akreditasi sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember secara keseluruhan berada dalam kategori baik (48,72%).Hasil tersebut, menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas VIII memiliki pandangan positif terhadap akreditasi sekolah. 2) Keputusan mendaftar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember secara keseluruhan berada dalam kategori sangat tinggi (66,67%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII memiliki keyakinan kuat memilih Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember. 3) Terdapat pengaruh persepsi tentang akreditasi sekolah terhadap keputusan mendaftar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember. Hal ini dibuktikan dengan uji t dengan hasil nilai t hitung 3,599 > t tabel 1,992 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dengan pengaruh sebesar 14,6% dan 85,4% lainnya yang mempengaruhi keputusan mendaftar siswa berasal dari faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170202 Decision Making
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ika Nurhoikhatul Janah
Date Deposited: 05 May 2025 01:57
Last Modified: 05 May 2025 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40496

Actions (login required)

View Item View Item