“Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Lembaga Majlis Khairun Nisa’ Kramat Sukoharjo Tanggul”

MEIDINA CITRA WIBOWO, - (2021) “Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Lembaga Majlis Khairun Nisa’ Kramat Sukoharjo Tanggul”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MEIDINA CITRA WIBOWO_T20171081.pdf

Download (8MB)

Abstract

Meidina Citra Wibowo, 2021: “Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Lembaga Majlis Khairun Nisa’ Kramat Sukoharjo Tanggul”. Kata kunci : Metode Wafa, Pembelajaran Al-Qur’an. Metode Wafa merupakan sistem dan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sangat tepat untuk seluruh kaum muslimin. Karena masyarakat luas yang akhirnya mengenal metode pembelajaran Al-Qur’an ini dengan metode wafa, dimana ciri khasnya adalah memfungsikan otak kanan dengan nada hijaz dan menyajikan materi pembelajaran secara menarik dan sistematis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di lembaga majlis khairun nisa’? (2) Apa faktor pendukung penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di lembaga majlis khairun nisa’? (3) Apa faktor penghambat penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di lembaga majlis khairun nisa’? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di lembaga majlis khairun nisa’. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di lembaga majlis khairun nisa’. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di lembaga majlis khairun nisa’. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan triangulasi data teknik. Tahap penelitiannya, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an di lembaga majlis khairun nisa’ meliputi kegiatan persiapan sebelum pembelajaran aau perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yaitu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh tim wafa Yayasan Syafaatul Qur’an Indonesia (YAQIN) Surabaya dalam buku panduan wafa di antaranya menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan) dan evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an diantaranya yaitu: para peserta didik lebih antusias belajar Al-Qur’an,menyukai dan bisa menerima metode wafa sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang maksimal serta lembaga majlis khairun nisa’ mulai dipercaya dan sekarang semakin banyak peminatnya dari semua kalangan. Dalam pelaksanaan sumber belajar atau sarana prasarana adalah buku tilawah jilid 1 sampai 5, buku tajwid dan buku ghorib. (3) Faktor penghambat penerapan metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an diantaranya yaitu: ketika anggota majlis khairun nisa’ sering tidak masuk tanpa izin maka ini akan menghambat proses pembelajaran dan membutuhkan penanganan yang lebih intensif. Selain itu sarana yang kurang memadai mengakibakan pembelajaran berlangsung kurang maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:54
Last Modified: 25 May 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item