Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Pembiasaan Sholat Berjamaah Di SMP Islam An Nur Haji Alwi Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021

Abdurrohim, - (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Pembiasaan Sholat Berjamaah Di SMP Islam An Nur Haji Alwi Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Abdurrohim_084148003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abdurrohim, 2021: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Pembiasaan Sholat Berjamaah Di SMP Islam An Nur Haji Alwi Rambipuji Tahun Pelajaran 2020/2021 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan sholat berjamaah yang digalakkan di SMP Islam An Nur Rambipuji Kabupaten Jember. Pembiasaan sholat berjamaah ini tidak terlepas dari strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Guru PAI memiliki strategi dalam menanamkan pembiasaan sholat berjamaah salah satunya adalah dengan pendekatan pembiasaan. Di mana dengan pendekatan ini diharapkan pembiasaan sholat berjamaah dapat berjalan dengan baik dan kontinyu tanpa ada paksaan terhadap siswa dalam melaksanakan sholat berjamaah. Selain itu untuk menunjang kesuksesan dalam sholat berjamaah guru PAI menggunakan beberapa metode, di antaranya adalah metode latihan (drill), metode pemberian tugas dan metode demonstrasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan kebiasaan sholat berjamaah peserta didik SMP Islam An Nur Rambipuji? dan (2) Faktor apa saja yang mendukung dalam menanamkan kebiasaan sholat berjamaah sholat berjamaah di SMP Islam An Nur Rambipuji? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam menanamkan kebiasaan sholat berjamaah peserta didik SMP Islam An Nur Rambipuji dan (2) Mendeskripsikan faktoryang mendukung kebiasaan sholat berjamaah di SMP Islam An Nur Rambipuji. Pendekatan dalan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan Jenis penelitianfield research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Milles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini mendapatkan hasil sebagai berikut: (1) strategi yang digunakan oleh Guru PAI untuk membiasakan sholat berjamaah siswa di SMP Islam An Nur menggunakan beberapa metode sebagai berikut: (a) Menetapkan metode latihan (b) Metode pemberian tugas, dan (c) Metode demonstrasi (2) Faktor-faktor pendukung peningkatan pembiasaan shalat berjamaah pada siswa di SMP Islam An Nur Rambipuji yaitu (a) Adanya kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah dengan guru, (b) Adanya bangunan masjid / musholla di lingkungan SMP Islam An Nur Rambipuji dan didukung oleh santri pondok pesantren untuk menggunakannya dengan cukup memadai, (c) Tenaga pengajar yang kompeten di SMP Islam An Nur Rambipuji sehingga dapat kompeten melaksanakan tugasnya dan (d) Adanya tata tertib sekolah yang ditindak lanjuti dengan adanya sanksi pelanggaran dengan tegas, seperti ditegur saat pertama tidak mengikuti shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:54
Last Modified: 25 May 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item