Implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik (studi kasus di madrasah aliyah negeri 2 jember).

SITI MAKIYAH HAKIKI, - (2019) Implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik (studi kasus di madrasah aliyah negeri 2 jember). Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Program Studi Manajemen Pendidik Islam.

[img] Text
SITI MAKIYAH HAKIKI_T20153070.pdf

Download (7MB)

Abstract

Siti Makiyah Hakiki. 2020. Implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik (studi kasus di madrasah aliyah negeri 2 jember). Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Pembinaan Kedisiplinan, Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Dari pentingnya manajemen kesiswaan yang bertujuan untuk mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dapat bejalan lancar, tertib dan teratur, serta mencapai tujuan pendidikan madrasah. Dengan mengupayakan sikap disiplin yang susai dengan aturan yang telah disepakati, maka ketertiban akan menjadi suatu hal yang sangat di butuhkan dalam mengembangkan kemampuan emosi peserta didik, sehingga madrasah mampu mengembangkan bakat dan minat peserta didik tanpa adanya keterpaksaan yang mampu menimbulkan masalah dan tanpa keluar dari koridor peraturan yang ada Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember ?. 2) Bagaimana implikasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember ?. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan implikasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan studi dokumenter. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation, data display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, yaitu: 1) Implementasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yaitu: mengatur segala kegiatan yang ada di sekolah dimulai dari perencanaan, rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan, pembinaan, pelaporan dan alumni. Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember membentuk TIM 9K yang dibentuk oleh Kesiswaan untuk menangani siswa yang terlambat TIM 9K memberi hukuman berupa membaca Al-Qur’an sebelum masuk kedalam kelas. 2) Implikasi manajemen kesiswaan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Implikasi manajemen kesiswaan dalam kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember bisa tertib, karena dengan adanya kerjasama seluruh stakeholder Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember dan terbentuknya TIM 9K. Implikasi manajemen kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember merupakan hasil dari penerapan fungsi manajemen mulai dari analisis kebutuhan siswa, rekrutmen siswa (penerimaan peserta didik), seleksi siswa, orientasi peserta didik, penempatan siswa atau pembagian kelas, pembinaan dan pengembangan, pencatatan dan pelaporan untuk di cek oleh kepala sekolah, serta kelulusan dan alumni. Kedisiplinan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember dalam implikasinya banyak yang mengetahui tata tertib karena ketika penerimaan siswa baru pihak sekolah memberikan selembaran kertas yang berisi tata tertib yang harus di patuhi oleh seluruh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:54
Last Modified: 25 May 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4054

Actions (login required)

View Item View Item