Pengembangan Media Booklet Matematika Berbasis Unity Of Sciences Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa Kelas X Di Man 1 Jember

Megawati Suhartono, Putri (2021) Pengembangan Media Booklet Matematika Berbasis Unity Of Sciences Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa Kelas X Di Man 1 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Megawati Suhartono Putri_T20177041.pdf

Download (22MB)

Abstract

Megawati Suhartono Putri, 2021: Pengembangan Media Booklet Matematika Berbasis Unity Of Sciences Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa Kelas X Di Man 1 Jember Kata kunci: Media Pembelajaran, Booklet, Unity of Sciences, Trigonometri (perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku). Media pembelajaran merupakan seluruh alat dan bahan yang digunakan untuk tercapainya tujuan pendidikan, salah satu media pembelajaran ada yang berbentuk media cetak yaitu booklet. Boooklet merupakan buku kecil yang terdiri dari satu atau tidak lebih dari 48 halaman sari sampul, yang memiliki isi informasi penting, yang memudahkan media tersebut untuk dibawa, serta lebih menarik jika disertai dengan gambar. Booklet ini, dikembangkan dengan berbasis Unity of Sciences pada materi trigonometri (perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku) sesuai kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media booklet matamatika berbasis Unity of Sciences pada materi trigonometri untuk siswa kelas X di MAN 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hasil kevalidan media booklet matamatika berbasis Unity of Sciences pada materi trigonometri untuk siswa kelas X di MAN 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan tahapan ADDIE yaitu (1) Analyze (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi/ Umpan Balik). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) proses pengembangannya menggunakan model ADDIE yaitu tahapannya Analyze (analisis) meliputi analisis kebutuhan, identifikasi masalah, analisis kurikulum, Design (perancangan) meliputi perumusan tujuan pembelajaran, perencanaan penyajian materi, penyusunan pada media, perancangan instrumen validasi, Development (pengembangan) meliputi mempersiapkan isi pembahasan dalam media booklet, mendesign cover dan baground pada booklet melalui corelDrawX7, kemudian diubah ke bentuk Microsoft Word lalu diubah kebentuk pdf selanjutnya dicetak menggunakan A5 (Potrait) dan disteples tengah. Pada tahap Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi/ Umpan Balik) Pada tahap ini, tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki oleh peneliti serta berada pada situasi pandemi covid-19. 2) Hasil kevalidan dilakukan oleh 3 validator yaitu validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil yang diperoleh dari ahli materi dengan skor 88,78%, ahli media 89,33%, ahli bahasa 91%. Dari analisis kevalidan menunjukkan skor rata-rata keseluruhan 89,31% sehingga booklet matematika berbasis Unity of Sciences ini dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 25 May 2022 02:57
Last Modified: 25 May 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4056

Actions (login required)

View Item View Item