Pengembangan Instrumen Penilaian Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021

DERRIS MAULIDAH, FAJRIYAH (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
DERRIS MAULIDAH FAJRIYAH_T20178006.pdf

Download (11MB)

Abstract

Derris Maulidah Fajriyah, 2021: Pengembangan Instrumen Penilaian Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci: instrumen penilaian, quizizz, sistem ekskresi Instrumen penilaian merupakan komponen penting untuk mengetahui hasil belajar. Penggunaan instrumen penilaian yang menarik dan praktis dalam pembelajaran biologi untuk mempermudah peserta didik selama proses penilaian dan dapat membangkitkan semangat belajar bagi peserta didik. Salah satu upaya yaitu dengan menggunakan instrumen penilaian berbasis game interaktif yang dapat memicu suasana belajar yang lebih menyenangkan. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan instrumen penilaian menggunakan aplikasi quizizz pada pembelajaran biologi untuk siswa kelas XI MAN Bondowoso. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan instrumen penilaian menggunakan aplikasi quizizz pada pembelajaran biologi materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021 2) Untuk mendeskripsikan tingkat validitas instrumen penilaian menggunakan aplikasi quizizz pada pembelajaran biologi materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021 3) Untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan terhadap instrumen penilaian menggunakan aplikasi quizizz pada pembelajaran biologi materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation,dan Evaluation. Namun, peneliti hanya membatasi pada tahap Development, karena adanya keterbatasan waktu dan ruang gerak akibat situasi pandemi covid-19. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan :1) Pengembangan instrumen penilaian dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap analisis yang menghasilkan informasi tentang kurikulum, KI dan KD yang digunakan di MAN Bondowoso. Tahap kedua ialah tahap desain, tahap ini merupakan penyusunan desain instrumen penilaian menggunakan quizizz serta penyusunan instrumen validasi dan kepraktisan. Tahap ketiga ialah tahap pengembangan, pada tahap ini dilakukan penyusunan instrumen penilaian dan validasi oleh ahli dan praktisi, serta kepraktisan pengguna. 2) Berdasarkan analisis data, hasil validasi dari ahli materi dan ahli evaluasi diperoleh kriteria sangat valid dengan persentase ahli materi 83,75%, ahli evaluasi 95%, dan praktisi 95%. 3) Hasil analisis data uji tingkat kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan presentase skor 86%. Instrumen penilaian menggunakan aplikasi quizizz dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 25 May 2022 02:57
Last Modified: 25 May 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4058

Actions (login required)

View Item View Item