Nafisah, Durotun (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Windows Shopping Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI Durotun Nafisah _212101090001 dgilib.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Durotun Nafisah, 2025: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Windows Shopping Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Mata
Pelajaran IPS di SMPN 1 Jenggawah.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Windows Shopping, Keaktifan
Siswa.
Hasil temuan observasi selama dua bulan dilingkungan SMPN 1
Jenggawah, mengindikasikan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran
IPS. Hal ini terlihat dari rendahnya keikutsertaan siswa dalam diskusi kelompok,
enggan menjawab pertanyaan guru dan minimnya kontribusi siswa dalam
mengemukakan pendapat. Terlihat bahwasannya siswa cenderung pasif selama
kegiatan belajar mengajar IPS berlangsung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe windows shopping terhadap keaktifan belajar
siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenggawah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe windows shopping terhadap keaktifan belajar siswa
kelas VIII mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenggawah.
Metode penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan jenis quassy eksperiment dengan desain non equivalent control grub
design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara
dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling. Keaktifan belajar siswa diukur dengan
penyebaran angket yang terdiri dari 22 butir soal dan observasi. Uji hipotesis yang
dilakukan untuk mengetahui hasil penelitian ini adalah uji U mann whitney.
Berdasarkan hasil observasi (post test) kelas eksperimen memperoleh skor
rata-rata sebesar 87,52 dan hasil observasi (post test) kelas kontrol memperoleh
skor rata-rata 59. Sedangkan hasil angket keaktifan belajar siswa kelas eksperimen
(post test) memperoleh rata-rata sebesar 78,90 dan hasil angket keaktifan belajar
siswa kelas kontrol (post test) memperoleh rata-rata sebesar 56,83. Perbedaan ini
diperkuat dengan hasil uji perbedaan rata dengan uji Mann Whitney test dan uji
effect size dengan hasil uji mann whiteney nilai sig. (2 tailed) yaitu 0.000 hal ini
menunjukan bahwa nilai sig. (2 tailed) <0,05 sehingga hipotesis nol (H0)ditolak
dan (Ha)diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifkan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol, hasil uji effect size memperoleh skor 3.74 yang
melebihi skor interpretasi uji effect size yaitu 0.8 yang artinya terdapat pengaruh
yang besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya penerapan model
pembelajaran Kooperatif tipe Windows Shopping sangat berpengaruh terhadap
keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenggawah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | TA Durotun Nafisah |
Date Deposited: | 05 May 2025 06:44 |
Last Modified: | 05 May 2025 06:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |