gusmiarni, hesti (2025) Pengembangan Media Stop Bullying Berbasis Board Game Berbantuan Role Playing Model Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Norma Kehidupan Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Sumbergondo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
HESTI GUSMIARNI_214101040004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hesti Gusmiarni, 2025 : Pengembangan Media Stop Bullying berbasis Board Game berbantuan Role Playing Model Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Norma Kehidupan Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Sumbergondo Banyuwangi
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Stop Bullying, Board Game, Role Playing Model, Norma Kehidupan.
Pemilihan media pembelajaran tentunya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Akan tetapi, berdasarkan observasi dan wawancara, dalam pembelajaran ditemukan sejumlah kendala yakni peserta didik di kelas V masih minim antusias dan kesulitan memahami materi terkait norma kehidupan, serta banyaknya peristiwa bullying di kelas tersebut menjadikan pembelajaran yang tidak kondusif, semua ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran. Oleh sebab itu, media pembelajaran Stop Bullying berbasis Board Game berbantuan Role Playing Model digunakan untuk dapat menarik antusias dan membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran.
Dengan adanya permasalahan bullying siswa membutuhkan pemodelan langsung untuk mereka faham akan apa itu bullying oleh karena itu media ini dibantu dengan bantuan Role Playing Model untuk membantu siswa dalam memahami pembelajaran.
Tujuan pada penelitian ini adalah 1) Mengetahui bagaimana pengembangan media dan menghasilkan desain produk media stop bullying dalam memberikan pengetahuan tentang bullying serta dapat menerapkan norma kehidupan dengan baik di SDN 4 Sumbergondo Banyuwangi. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media stop bullying berbasis board game berbantuan role playing model pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi norma kehidupan di siswa kelas V SDN 4 Sumbergondo Banyuwangi. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media stop bullying berbasis board game berbantuan role playing model.
Metode yang digunakan adalah Researdh and Development (Penelitian dan Pengembangan) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan uji coba skala kecil pada 6 peserta didik dan skala besar pada 17 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Produk yang dikembangkan adalah media Stop Bullying berbasis Board Game berbantuan Role Playing Model mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk kelas V SDN 4 Sumbergondo Banyuwangi. 2) hasil presentase dari kelima validator yaitu ahli materi 1 dan 2, ahli media, ahli bahasa, ahli pembelajaran adalah 90,86% yang berarti sangat layak, 3) hasil uji respon peserta didik memperoleh presentase 91,55% pada skala kecil dan 96,15% pada skala besar sehingga media ini dapat dikategorikan sangat baik dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms HESTI GUSMIARNI |
Date Deposited: | 06 May 2025 02:07 |
Last Modified: | 06 May 2025 02:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |