Implementasi Metode Strukrural Analitik Sintetik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Ampel Wuluhan Tahun Pelajaran 2020/2021.

YENI KHOIROTUN NISAK, - (2021) Implementasi Metode Strukrural Analitik Sintetik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Ampel Wuluhan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
YENI KHOIROTUN NISAK_T20174087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yeni Khoirotun Nisak, 2021: Implementasi Metode Strukrural Analitik Sintetik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Ampel Wuluhan Tahun Pelajaran 2020/2021. Membaca dan menulis merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan, membaca dan menulis sangat penting bagi semua peserta didik, maka disini guru wajib mempunyai metode yang pas untuk diterapkan dalam pembelajaran membaca dan menulis, dalam penelitian ini guru kelas I menerapkan metode struktural analitik sintetik dalam pembelajaran membaca dan menulis untuk siswa kelas I. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode SAS dalam pembelajaran membaca siswa kelas I di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Ampel Wuluhan Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana implementasi metode SAS dalam pembelajaran menulis siswa kelas I di SD NU 09 Riyadlatul Uqul ampel wuluhan Tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode SAS dalam pembelajaran membaca siswa kelas I di SD NU 09 Riyadatul Uqul Ampel Wuluhan. (2) Untuk mengetahui bagaimana impelentasi metode SAS dalam pembelajaran menulis siswa kelas I di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Ampel Wuluhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan antara lain: (1) Implementasi metode SAS dalam pembelajaran membaca siswa kelas I di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Ampel Wuluhan, guru terlebih dahulu menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis yang dijadikan satu, guru menyiapkan media pembelajaran, pelaksanaan metode SAS dilaksanakan dengan guru bercerita dengan gambar guru dapat menampilkan kalimat secara utuh, kemudian melakukan proses penguraian dan penggabungan kembali. Peserta didik bersama dengan kelompoknya dapat menyusun kartu kata, dan kartu kalimat yang telah guru siapkan, serta diikuti dengan kegiatan menulis. Evaluasi pembelajaran membaca menggunakan metode SAS dilaksanakan pada jam terakhir pembelajaran guru menyuruh setiap peserta didik membaca tulisan yang ditunjuk oleh guru. (2) Implementasi metode SAS dalam pembelajaran menulis siswa kelas I di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Ampel Wuluhan, guru terlebih dahulu menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis yang dijadikan satu, menyiapkan media pembelajaran. Pelaksanaan metode SAS dalam pembeajaran menulis guru menyuruh setiap peerta didik untuk menyusun mulai dari kartu kalimat, kartu kata dan kartu huruf, kemudian menyusun kartu suku kata kartu kata dan kartu kalimat. Setiap penyusunan kartu kata dan kartu kalimat diikuti dengan menuis. Evaluasi pembelajaran yang guru terapkan dilaksanakan pada jam terakhir pembelajaran guru menyuruh setiap peserta didik untuk menulis tulisan yang telah guru tulis di papan tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:57
Last Modified: 25 May 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item