Peran Guru Dalam Pembelajaran Online Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ghozali Gambiran Lumajang

DINDA AMELIA FIRDAUS, - (2021) Peran Guru Dalam Pembelajaran Online Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ghozali Gambiran Lumajang. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
DINDA AMELIA FIRDAUS_T20164037.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dinda Amelia Firdaus, 2020:Peran Guru Dalam Pembelajaran Online Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ghozali Gambiran Lumajang. Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang kini diterapkan di MI Al-Ghozali Gambiran Lumajang sejak adanya covid-19. Dalam suatu pembelajaran guru memiliki peranan yang sangat penting sama halnya pada pembelajaran online. Peran guru dalam pembelajaran online di MI Al-Ghozali Gambiran Lumajang menerapkan peran guru sebagai pendidik dan sebagai pembimbing dalam pembelajaran online. Hal ini guna memberikan pengetahuan dengan cara mendidik dan juga menjadi suri tauladan yang baik bagi pesrta didiknya, guru juga mengarahkan serta membimbing peserta didik meskipun pembelajaran dilakukan secara online. Fokus penelitian yang di teliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam pembelajaran online di Madrasah Ibtida’iyah Al-Ghozali Gambiran Lumajang?, 2) Bagaiman peran guru sebagai pembimbing dalam pembelajaran online di Madrasah Ibtida’iyah Al-Ghozali Gambiran Lumajang?. Tujuan dari penelitian ini adalah :1) Mendiskripsikan peran guru sebagai Pendidik dalam pembelajran online di Madrasah Ibtida’iyah Al-Ghozali Gambiran Lumajang, 2) Mendiskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam pembelajran online di Madrasah Ibtida’iyah Al-Ghozali Gambiran Lumajang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendakatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, Waka Kurikulum dan Guru yang berperan dalam pemebalajran online. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obesevasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi (Data Condensation), penyajian data (Data Display), dan kesimpulan (Conclusion). Dan pada keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Peran Guru Sebagai Pendidik dalam Pembelajaran Online memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan komputer, laptop maupun hp yang dapat terhubung dengan internet. Sumber belajar yang digunakan berupa aplikasi whatsapp(wa), youtube, google dan gooleform. Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif guru mengembangkan materi pelajaran dengan cara membuat video pembelajaran yang diunggah di youtube, selain itu juga menggunakan video lain di youtube yang berkaitan dengan materi, 2) Pera guru sebagai Pembimbing dalam pembelajaran Online yakni pemberian bimbingan dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp yang bersifat pesan pribadi, pembelajaran bernuansa bimbingan juga dilakukan dalam pembelajaran online seperti menyediakan kondisi peserta didik agar merasa aman, dan mendapatkan tanggapan yang baik dari guru dan mengembangkan sikap yang baik seperti tingkah laku sosial, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik agar mampu mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:58
Last Modified: 25 May 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item