“Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Berbasis Teknologi Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember”

RIZKA LUKLU’ATUL FUADAH, - (2021) “Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Berbasis Teknologi Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Rizka Luklu’atul Fuadah_T20171115.pdf

Download (61MB)

Abstract

Rizka Luklu’atul Fuadah, 2021 : “Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Berbasis Teknologi Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember” Kata kunci : Pembelajaran PAI, Covid-19 Pada akhir tahun 2019 lalu dunia dikagetkan dengan penemuan wabah yang mematikan asal kota Wuhan, Cina yang bernama virus corona atau covid�19. Wabah virus corona menyebar keseluruh dunia tidak terkecuali Indonesia, sejak corona masuk ke Indonesia sekitar awal tahun 2020 masyarakat diwajibkan untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk physical distancing atau dalam kata lain adalah menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan lebih meningkatkan kebersihan serta pola hidup sehat. Di SMA Negeri 2 Jember pembelajaran PAI ditengah pandemi mewajibkan pendidik dan peserta didik tetap bisa melaksanakan pembelajaran tanpa harus mengabaikan anjuran pemerintah oleh karena itu SMA Negeri 2 Jember memanfaatkan teknologi untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah : Pertama, bagaimana proses pembelajaran PAI berbasis teknologi masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember? Kedua, apa sajakah kelebihan pembelajaran PAI berbasis teknologi masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember? Ketiga, apa sajakah kekurangan pembelajaran PAI berbasis teknologi masa pendemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu : Pertama, untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran PAI berbasis teknologi masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember. Kedua, untuk mengetahui apa sajakah kelebihan pembelajaran PAI berbasis tekologi masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember. Ketiga, untuk mengetahui apa sajakah kekurangan pembelajaran PAI berbasis teknologi masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan field research atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan triangulasi data teknik. Tahap persiapannya yaitu : persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : penerapan pembelajaran PAI berbasis teknologi masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember pembelajarannya dilaksanakan secara online atau daring, dilaksanakan sekali dalam sepekan dengan durasi waktu 45-60 menit menggunakan teknologi berupa aplikasi WhatsApp, Google Classroom, Youtube, dan Email. Sebelum memulai pembelajaran guru dan siswa membiasakan diri untuk mengaji, berdoa dan shalat dhuha, hal inilah yang membedakan pembelajaran PAI berbasis teknologi di SMA Negeri 2 Jember dengan sekolah pada umumnya. Pada saat berlangsungnya pembelajaran PAI berbasis teknologi masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Jember terdapat kelebihan diantaranya adalah : Siswa bisa lebih aktif dan mandiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 25 May 2022 02:58
Last Modified: 25 May 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item