Febrianti, Auliya Nurma (2025) Implementasi Program Madrasah Riset dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Auliya Nurma Febrianti_211101030039 (2).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Program Madrasah Riset merupakan salah satu inovasi pendidikan yang dilakukan oleh guru maupun siswa madrasah untuk meningkatkan budaya akademik berbasis riset di madrasah. Pada riset ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa karena dalam proses riset terdapat komponen kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif yang merupakan salah satu bentuk penerapan pembelajaran abad 21. Salah satu madrasah yang telah menjalankan program madrasah riset tersebut yakni MTsN 3 Banyuwangi, yang telah menjalankan program madrasah riset sejak tahun 2020. Adapun kelemahan penelitian ini diantaranya terbatasnya waktu dan subjek penelitian.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 3 Banyuwangi ?. 2) Bagaimana pelaksanaan program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 3 Banyuwangi ?. 3) Bagaimana evaluasi program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 3 Banyuwangi ?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 3 Banyuwangi. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 3 Banyuwangi. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi program madrasah riset dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTsN 3 Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa: 1) perencanaan program madrasah riset dilaksanakan setiap setahun sekali dengan merencakan program riset jangka pendek dan jangka panjang. 2) pelaksanaan program madrasah riset berupa intrakurikuler pembelajaran riset di seluruh kelas dengan rincian dalam seminggu dua jam pelajaran dan pelaksanaan ekstrakurikuler klub riset bagi siswa yang memiliki minat riset yang dilaksanakan di luar jam pelajaran, pada ekstrakurikuler riset ini siswa-siswi dipersiapkan untuk mengikuti event riset 3) evaluasi program madrasah riset dilaksanakan setahun sekali untuk keseluruhan program riset, untuk evaluasi kegiatan riset setelah kegiatan langsung dilakukan evaluasi, serta untuk pembelajaran riset di kelas jika sering kosong maka akan langsung dilakukan evaluasi.
Kata Kunci: Program Madrasah Riset, Berpikir Kritis, Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Auliya Nurma Febrianti |
Date Deposited: | 07 May 2025 01:27 |
Last Modified: | 07 May 2025 01:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |