Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Kompetensi Siswa

TATAG KUKUH, PRATAMA (2021) Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Kompetensi Siswa. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
TATAG KUKUH PRATAMA_T20173054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tatag Kukuh Pratama, 2021: Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Kompetensi Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Tahun Ajaran 2020) Pembimbing: Siti Aminah, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Kompetensi Siswa, Madrasah Aiyah Nurul Jadid Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan di luar pelajaran (kurikulum) untuk menumbuhkembangkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa baik berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing siswa dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya melalui kegiatan-kegiatan wajib maupun pilihan. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum lembaga pendidikan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dapat mengembangkan kompetensi siswa sebagaimana yang ada di MA Nurul Jadid. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen ekstrakurikuler dalam pengembangan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid? 2) Bagaimana pengorganisasian manajemen ekstrakurikuler dalam pengembangkan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid? Bagaimana pelaksanaan manajeme estrakurikuler dalam pengembangan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid? 3) Bagaimana evaluasi manajemen ekstrakurikuler pengembangan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi manajemen ekstrakurikuler dalam pengembangkan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah Studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan manajemen ekstrakurikuler dalam pengembangkan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid yaitu a) analisis kebutuhan b) penetapan tujuan, c) penetapan program, d) pihak yang merencanakan,e) penetapan waktu kegiatan ekstrakurikuler. 2) Pengorganisasian manajemen ekstrakurikuler dalam pengembangkan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid yaitu membuat struktur orgnisasi peminatan dan merumuskan tugas�tugas dari pelaksana 3) Pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler dalam pengembangkan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid meliputi a) media kegiatan ekstrakurikuler, b) metode kegiatan ekstrakurikuler, 4) Evaluasi manajemen ekstrakurikuler dalam pengembangkan kompetensi siswa di MA Nurul Jadid dengan melakukan a) rapat paripurna dilaksanakan dua bulan sekali, pleno dilaksanakan setiap sebulan sekali, sidang istimewa dilaksanakan setiap satu tahun sekali, b) memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 19 May 2022 07:24
Last Modified: 19 May 2022 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item