Adi Ningsh, Wilud (2025) Pengembangan media pembelajaran diorama pada projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema kewirausahaan disekolah dasar swasta islam ulul albab jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi wilud adi nigsih.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Wilud adi ningsih, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Kewirausahaan Disekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Diorama, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan
Penelitian dan pengembangan ini berfokus pada penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pendidik dalam menyampaikan materi kewirausahaan kepada peserta didik. Media pembelajaran diorama dikembangkan untuk melengkapi sarana pembelajaran peserta didik pada pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan. Kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran sebelumnya yakni keterbatasan media yang digunakan, sehingga peserta didik kurang aktif dalam memahai konsep kewirausahaan. Media pembelajaran diorama ini di rancang dengan menghadirkan visualisasi yang nyata dan menarik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah 1) Bagaimana produk pengembangan media pembelajaran diorama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran diorama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember 3) Bagaimana keefektifan penggunaan media pembelajaran diorama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini 1) Untuk menghasilkan produk dan mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran diorama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember 2) Untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan media pembelajaran diorama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember 3) Untuk mendeskripsikan Keefektifan pengembangan media pembelajaran diorama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Kewirausahaan di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: Observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Media pembelajaran diorama berbahan triplek ini berisi komponen-komponen yang menyajikan materi kewirausahaan 2) Hasil validasi ahli media sebesar 84%, validasi ahli bahasa sebesar 82,85% dan ahli pembelajaran sebesar 90% dengan kategori sangat valid atau sangat layak digunakan 3) Hasil keefektifan media pembelajaran yang diukur dari respon peserta didik memperoleh skor 91% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian media pembelajaran diorama yang dikembangkan layak digunakan karena dapat meningkatkan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan serta memudahkan peserta didik mengingat materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Wilud adi Winda |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:45 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |