OKTAVIANA, AFILULA (2025) ANALISIS METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PEMBELAJARAN EKSPERIMEN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 8 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
AFILULA OKTAVIANA_211101100017_FTIK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Outdoor Learning,Eksperimen Sederhana
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan metode pembelajaran di lingkungan sekolah yang bersifat monoton dan terbatas di ruang kelas, yang berpotensi menimbulkan kejenuhan pada siswa. Sebagai solusi, inovasi metode pembelajaran seperti Outdoor Learning diperlukan. Metode ini mengarahkan siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran eksperimen sederhana di luar ruangan dengan tujuan meningkatkan keaktifan dan keterlibatan langsung siswa dengan lingkungan, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih kompleks dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan metode Outdoor Learning dalam pembelajaran eksperimen sederhana pada mata pelajaran IPA di SMPN 8 Jember, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode tersebut.
Fokus Penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Analisis Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Eksperimen Sederhana Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 8 Jember? 2)Bagaimana respon siswa terhadap Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Eksperimen Sederhana Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 8 Jember? 3)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Eksperimen Sederhana Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 8 Jember?
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik peneliti dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan antara lain reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Peneliti memperoleh kesimpulan: 1)penerapan metode Outdoor Learning dalam pembelajaran eksperimen sederhana pada mata pelajaran IPA di SMPN 8 Jember diawali dengan penyusunan modul ajar yang kemudian diimplementasikan dengan metode penyesuaian terhadap materi. Kegiatan inti pembelajaran melibatkan kelompok untuk bereksperimen sederhana yang dirancang untuk memecahkan permasalahan autentik di lingkungan sekitar. Diikuti dengan game untuk membuat pembelajaran lebih menarik, kemudian diakhiri dengan refleksi dan kesimpulan, serta doa 2)respon siswa terhadap metode outdoor learning dalam pembelajaran eksperimen sederhana menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi, sebagaimana terungkap dalam wawancara. Siswa merasa metode ini lebih menyenangkan, yang tercermin dari respon positif mereka selama proses pembelajaran. 3)Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode outdoor learning yakni Faktor pendukungnya lingkungan sekolah dan guru IPA, jika penghambatnya kondisi cuaca yang tidak diketahui dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Afi AFILULA OKTAVIANA |
Date Deposited: | 08 May 2025 01:25 |
Last Modified: | 08 May 2025 01:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |