PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPN 2 PANTI

Burhanudin, Agus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMPN 2 PANTI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AGUS BURHANUDIN_211101100006_FTIK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Media pembelajaran, Articulate Storyline 3, Klasifikasi Makhluk Hidup, Pendekatan Saintifik.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang memiliki sifat dinamis dan saling berkaitan dengan yang lainya, materi dalam pembelajaran IPA memiliki karakteristik yang khas pada materinya, adakalanya bersifat abstrak, faktual maupun konseptual. Hasil observasi di sekolah SMPN 2 Panti menunjukan beberapa peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda, kemudian dari hasil analisis kebutuhan menunjukan perlunya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi.
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah: 1) untuk mendeskripsikan validasi produk media pembelajaran berbantuan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Panti. 2) untuk mendeskripsikan hasil respon kepraktisan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbantuan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Panti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan 4D, yang dilaksanakan hingga tahap penyebaran terbatas. Produk yang telah dikembangkan kemudian akan divalidasi oleh para ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan praktisi. Hasil revisi dari produk yang telah divalidasi akan melalui tahap uji coba lapangan untuk mengetahui respon kepraktisan peserta didik terhadap produk hasil penelitian dan pengembangan tersebut. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 peserta didik kelas VIII yang telah menempuh materi klasifikasi makhluk hidup, sedangkan uji coba skala besar melibatkan 32 peserta didik kelas VII C di SMPN 2 Panti.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini disajikan dalam bentuk persentase sebagai berikut: 1) Penilaian dari validator ahli materi mencapai 95,31%, penilaian dari validator ahli media sebesar 96,25%, penilaian dari validator ahli bahasa mencapai 100% dan penilaian dari praktisi mencapai 100%. Dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini dinyatakan sangat valid. 2) Penilaian dari uji keterbacaan peserta didik skala kecil adalah 88,75%, sedangkan penilaian dari uji respon kepraktisan peserta didik skala besar mencapai 91,07%. Berdasarkan hasil uji respon tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa Aplikasi dengan berbantuan software Articulate Storuline 3 pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan pendekatan santifik di SMPN 2 Panti ini sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Agus Burhanudin Burhanudin
Date Deposited: 08 May 2025 01:37
Last Modified: 08 May 2025 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40744

Actions (login required)

View Item View Item