Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember

Anjani, Tarisa (2025) Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Tarisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Gambar Berseri Berbasis QR Code, Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia
Media pembelajaran penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember, memiliki keterbatasan media berupa buku paket dan LKS. Sehingga perlu adanya invoasi baru. Media Gambar Berseri Berbasis QR Code hadir sebagai solusi, menyajikan cerita berurut berdasarkan topik dalam format kalender duduk dengan QR Code berisi materi teks narasi dan permainan menarik perhatian peserta didik.
Rumusan masalah: 1) Bagaimana proses pengembangan media gambar berseri berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media gambar berseri berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember? 3) Bagaimana kepraktisan media gambar berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember?
Tujuan penelitian: 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran gambar berseri berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran gambar berseri berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember. 3) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran gambar berseri berbasis QR Code untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Jannah Unggulan Jenggawah Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan layak sebagai media pembelajaran. Kelayakan media ini divalidasi oleh ahli media (94%), ahli materi (92%), ahli bahasa (90%), ahli pembelajaran (89,57%), ahli keterampilan bahasa (87,27%) dengan persentase keseluruhan 90,56% (valid dan sangat layak/sangat baik). Kepraktisan media berdasarkan angket respon peserta didik menunjukkan rata-rata 92%, dan berdasarkan hasil keterampilan berbicara peserta didik setelah menggunakan media mencapai 84,61%. Hal ini dapat disimpulkan bahwasanya media Gambar Berseri Berbasis QR Code dapat dikatakan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Tarisa Anjani
Date Deposited: 08 May 2025 02:19
Last Modified: 08 May 2025 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40748

Actions (login required)

View Item View Item