Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an Dengan Metode Tikrar di Ma'had Al-Qur'an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember

Muslih, Misbahul (2025) Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an Dengan Metode Tikrar di Ma'had Al-Qur'an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MISBAHUL MUSLIH-223206030055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Misbahul Muslih, 2025 : Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Tikrar di Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember. Tesis Program Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Saihan, S.Ag, M.Pd.I. Pembimbing II : Dr. H. Mas’ud, S.Ag, M.Pd.I

Kata Kunci : Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Metode Tikrar

Pembelajaran tahfidzul qur’an dengan metode tikrar di Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember mampu mencetak santri hafal 30 juz dalam waktu 3 Tahun. Padahal pesantren ini termasuk pesantren pelajar yang para santrinya sekolah di luar pesantren dan sebagian dari mereka mengikuti program kejar paket. Hal tersebut sangat menarik untuk diteliti dalam rangka mencari model pesantren tahfidz yang dikelola oleh Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember di tengah maraknya pesantren tahfidz di Kabupaten Jember.
Fokus Penelitian : 1. Bagaimana Proses Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Tikrar di Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember 2. Bagaimana Penerapan menghafal Al-Qur’an dengan Metode Tikrar di Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember 3. Bagaimana Proses Evaluasi pelaksanaan Metode Tikrar di Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember.
Tujuan Penelitian ini adalah : untuk menganalisis proses pembelajaran, menganalisis penerapan menghafal dan menganalisis proses evaluasi dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode tikrar di Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an dengan metode tikrar di Ma'had Al-Qur'an Pondok Pesantren Al-Choliq Jember terbukti efektif membantu santri menghafal. Metode ini meliputi perbaikan bacaan, penghataman, setoran binnadzor, Penghafalan melalui pengulangan, dan setoran hafalan kepada pembimbing. Perbedaannya dengan metode tikrar lainnya terletak pada fleksibilitas pembagian blok hafalan dan pengulangan tidak terikat pada jumlah tertentu.2) Penerapan metode tikrar dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di Ma'had Al-Qur'an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan santri. Metode ini mengedepankan pengulangan yang terstruktur dan konsisten, didukung oleh persiapan yang matang, pengawasan, dan fasilitas yang memadai. 3) Proses evaluasi dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Choliq Kaliwates Jember menunjukkan pendekatan yang terstruktur dan menyeluruh, dengan evaluasi harian, bulanan, dan akhir semester yang berfungsi untuk memantau perkembangan hafalan santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Misbahul Muslih
Date Deposited: 14 May 2025 01:49
Last Modified: 14 May 2025 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40763

Actions (login required)

View Item View Item