PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KARTU GAMBAR DAN KATA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH DIPONEGORO PANTI JEMBER

saidah, siti (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KARTU GAMBAR DAN KATA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH DIPONEGORO PANTI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
WATERMARK SKRIPSI SITI KHOFIFATUS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Siti Khofifatus Saidah 2025 : “ Pengembanga Alat Peraga Kartu Gambar Dan Kata Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Diponegoro Panti Jember”
Kata kunci: pengembangan alat peraga, kartu gambar dan kata (GAMTA), Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Alat peraga kartu gambar dan kata (GAMTA) merupakan alat peraga yang berbentuk kartu yang berisi gambar dan materi gaya pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS). Alat peraga kartu gambar dan kata yang pe$ne$li$ti$ ke$mbangkan te$rbuat dari$ bahan ke$rtas te$bal se$pe$rti$ kartu domi$no yang be$rbe$ntuk pe$rse$gi$ panjang yang me$mi$li$ki$ ukuran panjang 9,5 cm dan le$bar 6,5 cm dan di$de$sai$n me$nggunakan apli$kasi$ canva.
Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan penggunaan media GAMTA dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV MI Diponegoro Panti.
Rumusan masalah (1) Bagaimana pengembangan alat peraga kartu gambar dan kata pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Diponegoro Panti Jember ? (2) Bagaimana kelayakan alat peraga kartu gambar dan kata pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Diponegoro Panti Jember ?
Tujuan dari penelitian, untuk mendeskripsikan pengembangan media GAMTA serta untuk mengetahui kelayakannya setelah diuji coba dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengevaluasi efektivitas serta kelayakan media yang dikembangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan alat peraga kartu gambar dan kata pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV MI Diponegoro Panti Jember dilakukan melalui lima tahapan dalam model ADDIE. Proses dimulai dengan analisis kebutuhan media, desain kartu gambar dan kata yang relevan dengan materi IPAS, pengembangan alat peraga kartu gambar dan kata, uji coba penggunaan media di kelas, dan evaluasi untuk mengetahui efektivitas serta kelayakannya. Alat peraga ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa dalam belajar IPAS secara lebih interaktif dan visual.(2) uji validitas oleh tiga validator menunjukkan rata-rata kelayakan media sebesar 89%, yang menunjukkan bahwa alat peraga ini sangat layak digunakan. Selain itu, uji coba pada peserta didik menunjukkan tingkat ketertarikan peserta didik sebesar 87%, yang membuktikan bahwa media ini dapat diterapkan dengan efektif dalam pembelajaran IPAS di kelas IV MI Diponegoro Panti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Khofifatus Saidah
Date Deposited: 14 May 2025 01:40
Last Modified: 14 May 2025 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40768

Actions (login required)

View Item View Item