Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak melalui Teknik Kolase pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Daa’iyah Zahwa Imtana, - (2021) Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak melalui Teknik Kolase pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
Daa’iyah Zahwa Imtana_T20175032.pdf

Download (10MB)

Abstract

Daa’iyah Zahwa Imtana, 2021: Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak melalui Teknik Kolase pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kecerdasan visual spasial merupakan sebuah kemampuan untuk memvisualisasikan fikiran dan melihat objek secara detail.Seseorang yang memiliki kecerdasan visual spasial yang kuat biasanya memiliki ketertarikan sejak dini pada dunia gambar yang cenderung memiliki penggunaan terhadap warna, garis, ruang dan desain.Di Raudhatul Athfal Al Muslimun dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak, salah satunya dengan menggunakan teknik kolase. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran teknik kolase dalam pengembangan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran teknik kolase dalam pengembangan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran teknik kolase dalam pengembangan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Untukmendeskripsikan perencanaan pembelajaran teknik kolase dalam pengembangan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember tahun pelajaran 2020/2021.2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teknik kolase dalam pengembangan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember tahun pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran teknik kolase dalam pengembangan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Al Muslimun Jember tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan 1) perencanaan pembelajaran teknik kolase dilakukan dengan menyusun PROTA, RPPM, RPPH, materi, media, alat dan bahan belajar dan indikator penilaian dalam pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran teknik kolase dilakukan dengan empat tahap yaitu, menyiapkan alat dan bahan, menjelaskan teknik kolase, membuat kolase dan membereskan alat dan bahan kolase. 3) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan hasil karya dan ceklis yang menggunakan skala nilai dengan memantau kegiatan anak. Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Teknik Kolase, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:19
Last Modified: 21 Apr 2022 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item