Muhammad, Zahrul Adyan (2025) Internalisasi Budaya Religius dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa Tahun Pelajaran 2024/2025 (Studi Multisitus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember dan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember). Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
TESIS ZAHRUL ADYAN MUHAMMAD WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Zahrul Adyan Muhammad, Mas’ud, Sarwan, 2025. Internalisasi Budaya Religius dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa Tahun Pelajaran 2024/2025 (Studi Multisitus Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jember dan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember.
Kata Kunci: Internalisasi, Budaya religius, Kecerdasan Spiritual
Penelitian ini dilakukan berdasarkan keadaan realitas bahwasanya pendidikan agama hanya menekankan pada aspek kognitif, untuk menepis itu beberapa sekolah yang tidak memiliki latar belakang keagamaan seperti SMAN 1 dan SMAN 2 Jember menjadikan program budaya religius sebagai cita-cita utama pembentukan kecerdasan spiritual siswa. hal tersebut diinternalisasikan melalui serangkaian mekanisme yang digagas oleh Thomas Lickona dan Muhaimin.
Adapun fokus dari penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana strategi penanaman nilai budaya religius dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual di SMAN 1 Jember dan SMAN 2 Jember. 2) Bagaimana program penanaman nilai budaya religius dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual bagi siswa SMAN 1 Jember dan SMAN 2 Jember. 3) Bagaimana Implikasi penanaman nilai budaya religius dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual bagi siswa SMAN 1 Jember dan SMAN 2 Jember.
tujuan penelitian ini ialah: 1) Menganalisis strategi penanaman nilai budaya religius dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual di SMAN 1 Jember dan SMAN 2 Jember. 2) Menganalisis program penanaman nilai budaya religius dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual bagi siswa SMAN 1 Jember dan SMAN 2 Jember. 3) Menganalisis Implikasi penanaman nilai budaya religius dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual bagi siswa SMAN 1 Jember dan SMAN 2 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis studi kasus yang diterapkan pada dua lokasi penelitian atau dikenal dengan multi situs. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni teknik yang digagas oleh Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa:1) kedua sekolah menerapkan strategi yang sistematis dan berbasis kebiasaan, seperti komunikasi persuasif, penguatan nilai keislaman lokal, serta keteladanan dari guru. 2) Program budaya religius yang dijalankan mencakup pembiasaan sikap positif, kegiatan keagamaan rutin seperti tadarus, salat berjamaah, doa pagi, dan peringatan hari besar Islam. Di SMAN 2 Jember, program ini dikembangkan lebih kompleks dengan tambahan kegiatan karakter seperti kantin kejujuran dan amal kifayah. 3) Implikasi dari penerapan budaya religius ini terlihat dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik, antara lain dalam bentuk akhlak yang baik, toleransi beragama, kejujuran, gotong royong, kedisiplinan, tanggung jawab, serta peningkatan keimanan dan ketakwaan yang tercermin dalam perilaku sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Zahrul Adyan Muhammad ZAM |
Date Deposited: | 14 May 2025 01:07 |
Last Modified: | 14 May 2025 01:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |