Implementasi Model Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Nur Rizkia, Kamilia (2021) Implementasi Model Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nur Rizkia Kamilia_ T20171255.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nur Rizkia Kamilia, 2021, Implementasi Model Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Model Cooperative Script, Mata Pelajaran SKI. Proses belajar mengajar dipengaruhi oleh emosi. Apabila siswa merasa terpaksa mengikuti proses pembelajaran, mereka akan kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu pada proses pembelajaran, guru harus memiliki berbagai model pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Agar pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan, perlu adanya perubahan cara mengajar dari model pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif. Salah satu alternative model pembelajaran yang dapat digunakan guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah Model Cooperative Script. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember? 3) Bagaimana evaluasi model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumenasi. Analisis data menggunakan kondensasi data (Data Condensation), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan (Drawing and Verifying Conclusions). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) perencanaan model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember, guru terlebih dahulu menyiapkan silabus, RPP, menyiapkan wacana/materi pelajaran dan menyusun instrumen penilaian hasil belajar. 2) Pelaksanaan model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember, sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Script dan langkah-langkah kegiatan pembelajran dalam RPP yang sudah disiapkan oleh guru yang terbagi dalam tiga tahapan yaitu: (1) kegiatan pendahuluan, (2) kegiatan inti dan (3) kegiatan penutup. 3) Evaluasi model cooperative script pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Kalijaga Slateng Ledokombo Jember, meliputi dua penilaian yaitu: (1) Evaluasi proses, dan (2) Evaluasi hasil proses

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:14
Last Modified: 21 Apr 2022 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4081

Actions (login required)

View Item View Item