Implementasi Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021

Fitriah Nur, Aini (2021) Implementasi Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Fitriah Nur Aini_T20173092.pdf

Download (13MB)

Abstract

Fitriah Nur Aini, 2021: Implementasi Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021 Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam setiap kehidupan untuk memajukan suatu bangsa. Keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan (sekolah/madrasah) akan sangat bergantung kepada manajemen komponen-komponen pendukung pelaksanaan kegiatan, Salah satunya ialah komponen manajemen peserta didik, yang merupakan pupil personel administration yaitu sebagai layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan dan layanan siswa di dalam kelas maupun diluar kelas. Madrasah Aliyah Zainul Bahar merupakan salah satu madrasah yang sukses dalam manajemen peserta didiknya, Madrasah ini terletak di desa wringin yang mana didesa ini banyak sekali saingan yang setara dengan Madrasah Aliyah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana perencanaan manajemen peserta didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021?, 2) bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021?. 3) bagaimana evaluasi manajemen peserta didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan Perencanaan Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso Tahun Pelajaran, 3) untuk mendeskripsikan Evaluasi Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisisnya menggunakan model interaktif yang diusulkan oleh Miles dan Hubermen, yang interaktifnya dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Dan untuk mendapatkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian (1) Perencanaan di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso yaitu, a) menentukan alokasi dana program kegiatan, b) menentukan jadwal pelaksanaan kegiatan, (2) Pelaksanaan di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin-Bondowoso yaitu, a) penerimaan peserta didik baru melalui online, b) penempatan dan kenaikan kelas peserta didik melalui hasil tes, UAN dan raport, c) pembinaan dan pengembangan peserta didik melalui ekstrakurikuler, (3) Evaluasi di Madrasah Aliyah Zainul Bahar WringinBondowoso yaitu mengadakan rapat setiap bulan, per semester dan tahun dengan dibentuk tim yang diberi nama EDM (Evaluasi Dalam Madrasah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:12
Last Modified: 21 Apr 2022 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item View Item