Utami, Indah Ismi (2025) Implementasi Pembelajaran Tahfidz di Kelas Unggulan Tahfidz Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Indah Ismi Utami_213101010002........pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Indah Ismi Utami, 2025: Implementasi Pembelajaran Tahfidz di Kelas
Unggulan Tahfidz Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an
Latar belakang penelitian ini ialah karena dari peserta didik banyak yang
mencapai target hafalan dengan rincian satu guru tahfidz, 29 peserta didik dan
tidak memiliki asrama tahfidz, tetapi capaian target yang dibuat guru dapat
tercapai, meskipun hanya beberapa peserta didik yang belum mencapai target
tersebut. Oleh karena itu peneliti tertarik ingin mengetahui lebih dalam
mendeskripsikan bagaimana langkah-langkah atau implementasi pembelajaran
tahfidz di kelas unggulan tahfidz Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso.
Fokus Penelitian membahas dua hal antara lain 1) Bagaimana
implementasi pembelajaran tahfidz di kelas unggulan tahfidz Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat
implementasi pembelajaran tahfidz di kelas unggulan tahfidz Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk
mendeskripsikan implementasi pembelajaran tahfidz di kelas unggulan tahfidz
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso 2) untuk mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran tahfidz di kelas
unggulan tahfidz Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso.
Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif berjenis
studi lapangan. Lokasi penelitian di kelas unggulan tahfidz Madrasah Tsanawiyah
Negeri 2 Bondowoso. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data ada empat yaitu pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Terakhir keabsahan data
dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi pembelajaran tahfidz di kelas
unggulan tahfidz ialah melalui perencanaan berupa tujuan, materi, metode dan
evaluasi pembelajaran. Kedua pelaksanaan pembelajaran harian meliputi ziyadah,
muraja’ah dan muroqobah di sekolah dan di rumah. Ketiga evaluasi pembelajaran
melalui MHQ, tasmi’ dan khotmil qur’an, dan munaqosah. 2) Implementasi
pembelajaran tahfidz dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pendukung internal
adalah kemampuan menghafal dasar siswa, sementara faktor eksternal meliputi
dukungan orang tua dan tim guru yang solid. Faktor penghambat internal meliputi
permasalahan siswa seperti lupa, jenuh, malas dan lelah, sedangkan faktor
eksternal berasal dari semangat orang tua yang tidak stabil dan ketiadaan asrama
atau pondok khusus tahfidz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. INDAH ISMI UTAMI |
Date Deposited: | 14 May 2025 08:28 |
Last Modified: | 14 May 2025 08:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |