Analisis konsep IPA dalam permainan lato-lato sebagai bahan pembelajaran IPA di SMPN 1 Jenggawah

Mutmainah, Silvia (2025) Analisis konsep IPA dalam permainan lato-lato sebagai bahan pembelajaran IPA di SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silvia Mutmainah_212101100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata kunci: konsep IPA, lato-lato, bahan pembelajaran IPA
Permainan lato-lato merupakan permainan yang masih banyak dimainkan di Desa Wonojati. Cara memainkannya dengan menggayunkan tangan hingga kedua bola bertumbukan dan menghasilkan bunyi khas yaitu “tek-tek”. Meskipun tampak sederhana permainan ini mengandung konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di dalamnya namun potensi ini belum banyak dikaji atau dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Hasil pra-penelitian di SMPN 1 Jenggawah menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara pembelajaran IPA dan budaya lokal sehingga peserta didik kesulitan untuk mengetahui adanya keterkaitan antara konsep IPA yang dipelajari di sekolah dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan sebagai upaya dalam menggali potensi permainan lato-lato sebagai bagian dari budaya lokal untuk menunjang pembelajaran IPA yang lebih bermakna dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis konsep IPA yang terdapat dalam permainan lato-lato dan 2) mengkaji keterkaitan hasil analisis konsep IPA dalam lato-lato dengan capaian pembelajaran IPA pada jenjang SMP. 3) Mengetahui hasil uji validitas bahan ajar berupa LKPD berbasis permainan lato-lato.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi Pustaka. Pengambilan data dilakukan di Desa Wonojati dengan subjek penelitian warga Desa Wonojati serta penelitian lanjutan dilakukan di SMPN 1 Jenggawah dengan subjek penelitian guru IPA da siswa SMPN 1 Jenggawah. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan metode Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil analisis konsep IPA dalam permainan lato-lato meliputi: gerak melingkar, momentum, implus, dan tumbukan, hukum kekekalan momentum, bunyi, dan sifat material sains, serta sistem koordinasi motorik. 2) Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara konsep-konsep IPA yang terkandung dalam permainan lato-lato dengan capaian pembelajaran IPA pada jenjang SMP. Adapun Capaian pembelajaran kurikulum Merdeka yang dapat ditempuh melalui permainan lato-lato yaitu: Peserta didik mampu melakukan pengukuran terhadap konsep fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), Memahami hubungan konsep usaha dan energi, Peserta didik memahami getaran dan gelombang, Menyelidiki sifat bahan berdasarkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, Mendeskripsikan tentang system koordinasi manusia. 3) Hasil uji validitas bahan ajar LKPD berbasis permainan tradisional menunjukkan bahwa produk termasuk dalam kategori “Sangat Valid” baik dari aspek materi maupun tampilan grafis atau media. Presentase kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Miss Silvia Mutmainah
Date Deposited: 15 May 2025 02:24
Last Modified: 15 May 2025 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40847

Actions (login required)

View Item View Item