Annurrohaman, Shodiq (2025) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENYELESAIKAN KRISIS MELALUI AKTIVITAS PEMBERITAAN DI INSTAGRAM @uinkhasjemberofficial. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Shodiq Annurrohman_212103010004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Shodiq Annurrohman, 2025 : Strategi Public Relations Dalam Menyelesaikan
Krisis
Melalui
Aktivitas
@uinkhasjemberofficial
Pemberitaan
Di
Instagram
Kata Kunci : Strategi Public Relations, Menyelesaikani Krisis, Aktivitas
Pemberitaan, Instagram
Pada era digital ini, hal-hal kecil seperti opini dari segelintir orang bisa menyebar dengan cepat dan menjadi opini ribuan orang dalam hitungan menit. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan baru setiap lembaga perguruan tinggi, salah satunya Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) dalam menjalin hubungan dengan publik. Dalam konteks ini, pemanfaatan akun Instagram sebagai media strategi public relations menjadi penting, terutama untuk mengantisipasi potensi krisis yang dapat muncul dengan cepat, menjadikan Instagram sebagai media public relations yang mumpuni dalam penanganan potensi krisis di era digital.
Adapun fokus dalam penelitian ini adalah terkait, bagaimana bentuk krisis yang terjadi di UIN KHAS Jember? Dan bagaimana strategi public relations yang diterapkan pada Instagram @uinkhasjemberofficial dalam menyelesaikan terjadinya krisis? Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan dan non partisispan, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya, metode analisis data menggunakan teknik purposive, yaitu pemilihan sumber data berdasarkan pertimbangan tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian yaitu strategi public relation dalam mengantisipasi krisis melalui aktivitas pemberitaan di instagram @uinkhasjemberofficial.
Simpulan penelitian ini adalah strategi yang diterapkan dalam aktivitas pemberitaan di instagram @uinkhasjemberofficial sesuai dengan strategi public relations mix oleh Thomas L. Haris yaitu PENCILS. Strategi ini meliputi Publications meliputi dokumentasi kegiatan seminar, pelatihan, kunjungan dari pejabat daerah, prestasi-prestasi civitas akademika. Kedua yaitu Event, dalam mengemas event memanfaatkan dua fitur utama, yaitu feed dan reels, untuk mengoptimalkan komunikasi dengan publik. Ketiga yaitu News, strategi public relations kategori News yang diterapkan memanfaatkan fitur unggahan story berupa live report, serta feed dan reels dokumentasi kegiatan yang diunggah kurang dari 24 jam setelah acara berlangsung. Berikutnya Community, pada strategi ini humas menekankan pada kolaborasi aktif dengan mahasiswa sebagai kontributor humas. Kelima Image, dalam membangun image kampus berfokus pada pembangunan citra melalui kerja sama dengan berbagai pihak, serta testimoni kepuasan mahasiswa. Keenam yaitu Lobby, strategi public relations terkait lobbying, memanfaatkan fitur kolaborasi Instagram untuk membangun citra institusi yang inklusif, adaptif, dan terbuka terhadap kerja sama dengan berbagai pihak. Terakhir Social Responsibility, strategi public relations yang diterapkan berbentuk edukasi dan ajakan kepada publik, sekaligus menegaskan peran aktif kampus dalam mendukung kebijakan nasional dan isu-isu sosial.
Actions (login required)
![]() |
View Item |