Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX A Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Pada Materi Aplikasi Fungsi Kuadrat Di SMPN 1 Jenggawah Jember Menggunakan Bantuan Aplikasi Whatsapp.

Fitrianah Siti Nurazizah, - (2021) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX A Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Pada Materi Aplikasi Fungsi Kuadrat Di SMPN 1 Jenggawah Jember Menggunakan Bantuan Aplikasi Whatsapp. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progaram Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Fitrianah Siti Nurazizah_T20177037.pdf

Download (13MB)

Abstract

Fitrianah Siti Nurazizah, 2021: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX A Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Pada Materi Aplikasi Fungsi Kuadrat Di SMPN 1 Jenggawah Jember Menggunakan Bantuan Aplikasi Whatsapp. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Daring, Aplikasi Fungsi Kuadrat, Whatsapp. Era globalisasi saat ini merupakan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat pada masa pandemi. Pendidikan selama pandemi dapat dilaksanakan dengan cara daring. Pembelajaran matematika dapat dilaksanakan dengan pembelajaran daring (online), tetapi tujuan dalam proses pembelajaran matematika harus diperhatikan yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas IX A SMPN 1 Jenggawah Jember melalui pembelajaran berbasis daring menggunakan bantuan aplikasi whatsapp. Pemecahan masalah yang digunakan berdasarkan pada langkah-langkah dari polya yaitu memahami masalah, merencanaan penyelesaian masalah, melakukan penyelesaian masalah dan mereview kembali penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX A SMPN 1 Jenggawah Jember yang terdiri dari tiga peserta didik dengan satu kategori tinggi, satu kategori sedang dan satu kategori rendah. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Prosedur Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verivication (pengambilan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga peserta didik yang terpilih tidak semua peserta didik melakukan keempat langkah-langkah dari polya. (1) Subjek kategori tinggi mampu menyelesaikan masalah soal nomor 1 dan nomor 2 dengan menggunakan keempaat dari langkah polya dengan sangat baik. (2) Subjek kategori sedang mampu menyelesaikan masalah nomor 1 dan nomor 2 dengan cukup baik, yaitu melakukan penyelesaian masalah dan mereview kembali penyelesaian masalah. (3) Subjek kategori rendah mampu menyelesaikan masalah nomor 1 dan nomor 2 dengan kurang baik, yaitu hanya melakukan penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:12
Last Modified: 21 Apr 2022 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item View Item