Mega Nuris Salfinah, 2021: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cergam dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII MTs Al-Misri Jember.

Mega Nuris Salfinah, - (2021) Mega Nuris Salfinah, 2021: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cergam dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII MTs Al-Misri Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Mega Nuris Salfinah_T20177005.pdf

Download (15MB)

Abstract

Mega Nuris Salfinah, 2021: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cergam dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII MTs Al-Misri Jember. Kata kunci : bahan ajar cerita bergambar, bilangan bulat, pendekatan kontekstual. Bahan ajar berbasis cerita bergambar adalah bahan ajar yang di dalamnya terdapat gambar dan kata-kata yang tidak berdiri sendiri, melainkan saling bergantung menjadi sebuah kesatuan cerita dan ditulis dengan gaya bahasa yang ringan. Bahan ajar matematika berbasis cergam ini dirasa tepat digunakan pada materi bilangan bulat menggunakan pendekatan kontekstual agar peserta didik lebih mudah memahami materi bilangan bulat yang di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar matematika berbasis cergam dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan bulat kelas VII MTs Al-Misri Jember. 2) untuk mmendeskripsikan kelayakan bahan ajar matematika berbasis cergam dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan bulat kelas VII MTs Al-Misri Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis cergam dibagi menjadi lima tahap yaitu: (a) tahap analisis, tahap ini terdiri dari analisis kurikulum, kebutuhan dan karakteristik peserta didik. (b) tahap desain, tahap ini merupakan perancangan awal bahan ajar matematika berbasis cergam. (c) tahap development, tahap ini dilakukan penilaian terhadap bahan ajar matematika berbasis cergam oleh dosen ahli materi dan dosen ahli bahan ajar. (d) tahap implementation, tahap ini dilakukan uji coba respon peserta didik skala kecil sebanyak enam peserta didik dan skala besar sebanyak 33 peserta didik. (e) tahap evaluasi, tahap ini dilakukan tes ketuntasan belajar siswa berupa post-test. 2) kelayakan bahan ajar matematika berbasis cergam diperoleh dari: (a) Analisis kevalidan memperoleh skor rata-rata 3,5 (sangat baik), dengan nilai validasi ahli materi sebesar 3,1 (baik) dan validasi ahli bahan ajar sebesar 3,9 (sangat baik). (b) Analisis kepraktisan memperoleh skor rata-rata 3,7 (sangat baik), dengan nilai dari respon guru sebesar 3,7 (sangat baik) dan respon siswa sebesar 3,7 (sangat baik). (c) Analisis keefektifan memperoleh persentase sebesar 79% (baik). Dengan begitu bahan ajar matematika berbasis cergam dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan bulat kelas VII MTs Al-Misri Jember layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:11
Last Modified: 21 Apr 2022 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item