Hasan, Bustomi (2025) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Restoran Jepang Yoshinoya Yang Bersertifikat Halal Di Kota Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Bustomi Hasan_NIM 205105020003.pdf Download (4MB) |
Abstract
Bustomi Hasan, Nur Ika Mauliyah, M.Ak, 2025 : Analisis Faktor-Faktor Yang
Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Restoran Jepang Yoshinoya Yang Bersertifikat Halal di Kota Jember.
Kata Kunci : Harga, Kesadaran Halal, Kualitas Pelayanan, Label Halal, Keputusan Pembelian.
Urgensi penggunaan sertifikasi halal menjadi insturumen wajib sebagai pengaplikasian prinsip syariah agar masyarakat agar dapat membedakan antara
barang yang dilarang dan diperbolehkan untuk dikonsumsi. Sebagian besar
makanan halal pada restoran Luar Negeri seperti restoran Yoshinoya secara syariat Islam tetap harus diikuti dalam hal proses pembuatan, komposisi, dan penanganan dari awal hingga akhir.
Rumusan masalah penelitian ini: 1). Apakah harga berpengaruh terhadap
keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 2). Apakah kesadaran halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 3). Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 4). Apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 5). Apakah harga, kesadaran halal, kualitas pelayanan, dan label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 2). Untuk mengetahui
pengaruh kesadaran halal terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 3). Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 4). Untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember. 5). Untuk mengetahui pengaruh harga, kesadaran halal, kualitas pelayanan, dan label halal terhadap keputusan pembelian pada Restoran Yoshinoya Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik
pengumpulan data yakni kuesioner dan studi kepustakaan. Jumlah sampel yang
didapatkan yakni 385 responden. Teknik analisis data yang digunakan
menggunakan Accidental Sampling. Metode analisis data menggunakan alat bantu SPSS version 23.0 for window.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keempat variabel berpengaruh
secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada Restoran Jepang Yoshinoya Jember. Dapat dilihat hasil nilai uji t setiap variabel yakni (X1 0,042, X2 0,024, X3 0,000 dan X4 0,001) < 0,05. Dari hasil uji f nilai F hitung > F tabel, 117,814 > 2,418 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Implikasi ini penting karena karakteristik individu yang terbentuk dari variabel harga, kesadaran halal, kualitas pelayanan, dan label halal akan menjadi prediktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Bustomi Hasan |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:22 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |