Maurida, Ika (2025) Analisis Pelayanan Penjualan dan Penetapan Harga Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Pada MBS Cell Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Ika Maurida__212105020036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Pelayanan penjualan dan penetapan harga merupakan faktor penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam perspektif etika bisnis Islam, kedua aspek ini harus dijalankan berdasarkan prinsip kejujuran, keadilan, tanggung jawab, serta tidak merugikan salah satu pihak.
Penelitian ini berfokus pada: 1). Bagaimana pengaruh pelayanan penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen ditinjau dari etika bisnis Islam? 2). Bagaimana pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen ditinjau dari etika bisnis Islam?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk menganalisis pengaruh pelayanan penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen berdasarkan etika bisnis Islam. 2). Untuk menganalisis pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen berdasarkan etika bisnis Islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung di lapangan. Lokasi penelitian berada di MBS Cell Jember. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini berlandaskan fokus penelitian adalah: 1) Pelayanan di MBS Cell Jember telah menunjukkan upaya dalam menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, seperti kejujuran, keadilan, otonomi, saling menguntungkan, dan integritas moral, yang tercermin melalui pelatihan karyawan, penyediaan media pengaduan, serta sistem antrean; meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kekurangan seperti ketidakkonsistenan pelayanan saat toko ramai dan praktik yang kurang adil dalam antrean. 2) Penetapan harga di MBS Cell juga telah mempertimbangkan prinsip etika bisnis Islam dengan memperhatikan keadilan, transparansi, serta keseimbangan antara biaya operasional dan kepuasan konsumen; namun, praktik pembulatan harga tanpa pemberitahuan menjadi catatan penting yang perlu dibenahi agar prinsip kejujuran dan keadilan dapat dijalankan secara lebih konsisten dan menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Ika Maurida |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:59 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |