Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Muhamad Abas, - (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Muhamad Abas_ T20171060.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhamad Abas, 2021: Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Pembelajaran Daring dan Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak ialah Kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung didalam jaringan dengan menggunakan media elektronik dimana pendidik dan peserta didik tidak bertatap muka secara langsung pada mata pelajaran aqidah akhlak selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus jember Tahun Pelajaran 2020/2021?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Al-Firdaus Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Subjek yang digunakan adalah purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran daring yang dilakukan yaitu menyiapkan silabus dan RPP yang akan di input di E-Learning, 2) Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, 3) Evaluasi pembelajaran daring yang dilakukan yaitu dengan Tanya jawab, ulangan harian dan penugasan. Hasil belajar Aqidah Aklak secara daring ini menurun, karena siswa yang belum terbiasa menggunakan aplikasi E-Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 08:11
Last Modified: 21 Apr 2022 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item