PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM KARTUN SYAMIL DAN DODO DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL HIDAYAH SUMBERSARI JEMBER

Wguna, Ratu Sarah Veha (2025) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM KARTUN SYAMIL DAN DODO DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL HIDAYAH SUMBERSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_RATU SARAH VEHA WIGUNA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ratu Sarah Veha Wiguna, 2025: Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Kartun Syamil dan Dodo dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Al Hidayah Sumbersari Jember.

Kata Kunci: Media Film Kartun Syamil dan Dodo, Nilai Agama dan Moral

Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada peserta didik. Film kartun Syamil dan Dodo adalah film animasi dirancang khusus untuk memberikan pendidikan agama dan moral kepada anak-anak melalui cerita-cerita yang sederhana dan menarik. Karakter Syamil dan Dodo menjadi figur teladan bagi anak-anak dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai keagamaan, seperti kejujuran, kebaikan, dan ketaatan beribadah.
Fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran film kartun syamil dan dodo dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Hidayah Sumbersari Jember? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran film kartun syamil dan dodo dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Hidayah Sumbersari Jember?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran film kartun syamil dan dodo dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Hidayah Sumbersari Jember. 2. Mendesk-ripsikan faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran film kartun syamil dan dodo dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Hidayah Sumbersari Jember.
Penelitian ini menggukan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Lokasi penelitian di RA Al Hidayah Sumbersari, Subjek penelitian yakni Kepala Sekolah, Wali kelas, dan Guru kelas, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai teori Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Mengembangkan nilai agama dan moral pada anak melalui media film kartun syamil dan dodo, dengan pemanfaatan film kartun tersebut anak-anak dapat menirukan adegan-adegan yang mengandung pesan agama dan moral. Adapun cara guru melaksanakan proses kegiatan terebut yaitu dengan langkah berikut: a. menyiapkan alat yang dibutuhkan, b. menjelaskan tema film dan aturan saat menonton c. mengevaluasi dan menilai. 2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu faktor pendukung meliputi a. tersedianya proyektor, b. ruang kelas yang luas, c. tersedianya laptop, faktor penghambat meliputi a. tidak ada akses wifi, b. layar menggunakan papan tulis, c. colokan listrik yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S.Pd Ratu Sarah Veha Wiguna
Date Deposited: 19 May 2025 06:04
Last Modified: 19 May 2025 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40925

Actions (login required)

View Item View Item