ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER

Ardillah, Fira (2025) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FIRA ARDILLAH_211101010052... (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Project Based Learning, Kecerdasan Majemuk, Motivasi Belajar Siswa
Penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis kecerdasan majemuk di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah belum sepenuhnya optimal, karena siswa masih menunjukkan tingkat motivasi belajar yang bervariasi. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan proyek dengan kecerdasan dominan mereka, yang mengarah pada ketidaksesuaian antara harapan dan hasil yang tercapai. Kesenjangan ini menimbulkan pertanyaan mengenai apakah penerapan model PjBL berbasis kecerdasan majemuk di lapangan sudah sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah teoretis yang ada.
Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana penerapan prinsip-prinsip model pembelajaran Project Based Learning berbasis kecerdasan majemuk pada peningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah? 2) Bagaimana langkah-langkah model pembelajaran Project Based Learning berbasis kecerdasan majemuk pada peningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip model pembelajaran Project Based Learning berbasis kecerdasan majemuk pada peningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah. 2) Untuk menganalisis langkah-langkah model pembelajaran Project Based Learning berbasis kecerdasan majemuk pada peningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik Miles And Huberman dan teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Penerapan prinsip-prinsip PJBL dalam pembelajaran PAI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah sudah diterapkan sepenuhnya. Mulai dari prinsip inquiri, prinsip masalah, prinsip keaslian, prinsip suara dan pilihan, prinsip produk publik dan prinsip kritik & revisi. Sedangkan prinsip refleksi belum diterapkan. 2) Langkah-langkah penerapan PJBL berbasis kecerdasan majemuk sudah diterapkan sesuai dengan indikator. Penerapan PJBL berbasis kecerdasan majemuk mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sesuai dengan indikator teoritis yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fira Ardillah
Date Deposited: 19 May 2025 07:52
Last Modified: 19 May 2025 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40945

Actions (login required)

View Item View Item