STRATEGI PEMBINAAN SANTRI PUTRA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH MUNAKAHAT MENGGUNAKAN KITAB ‘UQU><>D AL-LUJAIN DI PONDOK PESANTREN BAHRIYATUN NAFI’AH SIDOMUKTI MAYANG JEMBER

Slamet, Muhammad Imron (2025) STRATEGI PEMBINAAN SANTRI PUTRA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH MUNAKAHAT MENGGUNAKAN KITAB ‘UQU><>D AL-LUJAIN DI PONDOK PESANTREN BAHRIYATUN NAFI’AH SIDOMUKTI MAYANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Imron FIKS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Imron Slamet, 2025: “Strategi Pembinaan Santri Putra Dalam Pembelajaran Fikih Munakahat Menggunakan Kitab ‘Uqu>d al-Lujain di Pondok Pesantren Bahriyatun Nafi’ah Sidomukti Mayang Jember”
Kata Kunci: Strategi Pembinaan, Pembelajaran Fikih Munakahat, Kitab ‘Uqu>d al-Lujain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembinaan santri putra dalam pembelajaran fikih munakahat menggunakan kitab ‘Uqu>d al-Lujain di Pondok Pesantren Bahriyatun Nafi’ah Sidomukti Mayang Jember. Fokus utama dari penelitian ini untuk mengidentifikasi metode yang efektif dalam mengajarkan fikih munakahat serta relevansinya terhadap pemahaman santri mengenai hukum-hukum pernikahan dalam Islam. Dengan meningkatnya kebutuhan akan pemahaman yang mendalam tentang fikih munakahat di kalangan santri, penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Peneliti melakukan wawancara dengan ustaz pondok dan beberapa santri untuk mendapatkan perspektif yang komprehensif mengenai strategi pembinaan yang diterapkan. Selain itu, observasi terhadap proses pembelajaran di kelas juga dilakukan untuk menganalisis interaksi antara pengajar dan santri.
Namun, penelitian ini juga memiliki keterbatasan, seperti jumlah responden yang terbatas dan fokus yang hanya pada santri putra, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasi untuk seluruh santri di pondok pesantren lainnya. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman santri.
Orisinalitas penelitian ini terletak pada penggunaan kitab ‘Uqu>d al-Lujain sebagai sumber utama dalam pembelajaran fikih munakahat, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan kurikulum di pondok pesantren. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan agama, khususnya dalam konteks pembelajaran fikih di pesantren.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi pembinaan yang diterapkan di Pondok Pesantren Bahriyatun Nafi’ah meliputi metode bandongan, diskusi, dan praktik langsung, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman santri tentang fikih munakahat. Hasil analisis menunjukkan bahwa santri merasa lebih percaya diri dalam memahami dan menerapkan hukum-hukum pernikahan setelah mengikuti pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Imron Slamet
Date Deposited: 19 May 2025 08:14
Last Modified: 19 May 2025 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40956

Actions (login required)

View Item View Item