Komunikasi Interpersonal Anak Dengan Orangtua Tentang Keputusan Memilih Agama (Studi Terhadap Keluarga Beda Agama)

Aisyah K, Siti (2025) Komunikasi Interpersonal Anak Dengan Orangtua Tentang Keputusan Memilih Agama (Studi Terhadap Keluarga Beda Agama). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Aisyah K_211103010029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Siti Aisyah K, 2025: Komunikasi Interpersonal Anak dengan Orang Tua Tentang Keputusan Memilih Agama (Studi Terhadap Keluarga Beda Agama).
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Keputusan Beragama

Terjadinya fenomena pindah agama yang disebabkan kurangnya pemahaman spiritual anak menunjukkan kegagalan keluarga khususnya orang tua dalam mentransfer isi pesan, seperti penanaman nilai agama dan norma yang disepakati masyarakat. Hal ini terjadi karena komunikasi yang terjadi antara anak dan orang tua yang tidak efektif. Selain itu komunikasi yang digunakan anak juga menjadi faktor terjadinya fenomena pindah agama di Desa Sukoreno.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana komunikasi interpersonal anak dengan orang tua dalam keputusan memilih agama? 2) apa saja faktor anak memilih agama yang berbeda dengan orang tua?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui komunikasi interpersonal anak dengan orang tua dalam keputusan memilih agama. 2) untuk mengetahui faktor pengambilan keputusan yang dilakukan anak sehingga memilih agama yang berbeda dengan orang tuanya
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif dengan jenis penelitian fenomenologi karena untuk mendeskripsikan mengenai cara anak melakukan komunikasi interpersonal dengan orang tua dalam keputusan anak dalam memilih agama.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua aspek yang mempengaruhi anak dalam memilih agama. Pertama adalah gaya komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang tua, dan kedua adalah aspek yang berengaruh dalam proses pangambilan keputusan anak memilih agama. Terdapat tiga gaya komunikasi yang sering dilakukan dalam keluarga, yaitu komunikasi asertif, komunikasi pasif, dan komunikasi agresif. Semakin sering interaksi anak dengan orang tua, semakin tinggi juga kemungkinan anak menyampaikan keinginannya untuk memilih agama, begitupun sebaliknya. Dalam pengambilan keputusan terdapat faktor yang menjadi pertimbangan informan memilih keputusan beragama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pengetahuan dan kepribadian seseorang, sedangkan pada faktor eksternal meliputi orang lain yaitu melalui pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Aisyah K
Date Deposited: 20 May 2025 01:34
Last Modified: 20 May 2025 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40997

Actions (login required)

View Item View Item