MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM SUNAN KALI JAGA KARANGPRING SUKORAMBI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015

BAHRUL ULUM, 084114005 (2016) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM SUNAN KALI JAGA KARANGPRING SUKORAMBI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
skripsi bagian awal.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I..pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II...pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. skripsi baru.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV..pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V...pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka...pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bahrul Ulum, 2015: Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat Di Sekolah Menengah Pertama Islam Sunan Kali Jaga Karangpring Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2014/2015 Pendidikan dalam masyarakat memiliki tiga sifat penting, pertama, pendidikan mengandung nilai dan memberikan pribadi anak agar sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Kedua, pendidikan diarahkan pada kehidupan dalam masyarakat. Ketiga, pelaksanaan pendidikan dipengaruhi dan didukung oleh lingkungan masyarakat Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam Sunan Kali Jaga, karena sebagai Sekolah Menengah Petama Islam, dinilai mampu mengidentifikasi kondisi dan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu pula untuk mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat. Untuk mengungkapkan model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat di Sekolah Menengah Pertama Islam, maka penelitian ini dilakukan dengan focus penelitian sebagai berikut: (1) Apa yang dimaksud Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat?, (2) Bagaimana cara mendesain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat?, (3) Bagaimana Implementasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat di Sekolah Menengah Pertama Islam Sunan Kali Jaga?. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tentang pelaksanaan model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat, (2) Mendeskripsikan tentang desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyarakat, dan (3) Mendeskripsikan tentang implemintasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis masyrakat di Sekolah Menengah Pertama Islam Sunan Kali Jaga. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Sunan Kali Jaga Karangpring Sukorambi Jember dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Wawancara/Interview, (2) Dokumentasi, dan (3) Observasi. (4) Analisis data, yaitu memakai data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification dan (5) Keabsahan data. Yaitu memakai triangulasi data. Secara umum penelitian ini memperoleh suatu kesimpulan, 1.Bahwa model pengembangan kurikulum di Sekolah Menengah Pertama Islam Sunan Kali Jaga telah menggunakan model graas-roots; 2. Proses perencanaan pengembangannya mengacu kepada beberapa criteria yaitu menentukan kemana arah pengembangan, materi atau isi pengembangan, tenaga pendidik dan fasilitas yang mendukung, rencana pembelajaran atau rencana kerja, relevensi kurikulum yang baru dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman, kesesuaian program dengan bakat dan minat peserta didik; 3. Desain pengembangan kurikulum pendidikan agama islam tertuang dalam bentuk kegiatan, sehingga terbentuklah satuan acara pembelajaran(SAP); 4. Implimentasi pengembangan berproses pada pemberian rekomendasi yang ditujukan untuk mempertimbangkan hasil kegiatan pengembangan, melakukan perencanaan kembali terkait materi-materi mana yang harus dikembamgkan dan disempurnakan, dan juga melakukan pemangkasan serta pemfukusan materi yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi peserta didik

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN KURIKULUM
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 13 Sep 2017 03:27
Last Modified: 13 Sep 2017 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item