Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Hereditas Manusia berbasis Nilai Ke-Islaman untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Plus Al-Hasan.

Rohmah, Ika Habibatur (2025) Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Hereditas Manusia berbasis Nilai Ke-Islaman untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Plus Al-Hasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq jember.

[img] Text
Ika Habibatur Rohmah_212101080033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap materi hereditas manusia masih tergolong
rendah, sebagaimana hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA
Plus Al-Hasan yang menunjukkan bahwa 50% dari 25 peserta didik mengalami
kesulitan dalam memahami konsep hereditas manusia. Selain itu, sebanyak 75%
peserta didik menyatakan bahwa mereka membutuhkan media pembelajaran yang
menarik untuk membantu memahami materi tersebut. Salah satu pendekatan yang
dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah pengembangan media
pembelajaran scrapbook yang menggabungkan unsur visual, interaktif, dan nilai-nilai
ke-Islaman agar relevan dengan karakteristik peserta didik di SMA Plus Al-Hasan.
Pengintegrasian nilai-nilai ke-Islaman dalam materi hereditas manusia diharapkan
tidak hanya membuat siswa memperoleh pemahaman akademik yang lebih baik, tetapi
juga mengembangkan kesadaran spiritual bahwa konsep pewarisan sifat merupakan
bagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan dari media scrapbook pada materi hereditas manusia
berbasis nilai ke-Islaman yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XII SMA Plus Al-Hasan?

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah Model
ADDIE, yang terdiri dari 5 Tahapan yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation. Seluruh tahapan ADDIE dilakukan dalam penelitian
ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya adalah pemberian angket,
wawancara, dan pemberian tes. Instrumen pengumpul data adalah lembar pedoman
wawancara, angket validasi ahli, angket uji coba produk, serta lembar tes hasil belajar
kognitif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) produk yang dikembangkan valid,
dengan rata-rata hasil validasi ahli materi terkategori sangat valid dengan persentase
sebesar 87%. Rata-rata hasil validasi ahli bahasa terkategori valid dengan memperoleh
persentase 87,2%. Rata-rata hasil validasi ahli pendidikan agama Islam terkategori
sangat valid dengan persentase 93%. Rata-rata hasil validasi ahli evaluasi terkategori
valid dengan persentase 82,6%. Rata-rata hasil validasi ahli praktisi terkategori sangat
valid dengan persentase 100%; (ii) produk yang dikembangkan praktis dengan hasil
uji respon peserta didik memiliki persentase 87% (sangat praktis) untuk uji coba
kelompok kecil dan 86% (sangat praktis) untuk uji coba kelompok besar; (iii) produk
yang dikembangkan efektif dengan hasil uji keefektifan produk berdasarkan pretest
dan posttest menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh nilai sig (0,00) <0,05 dan untuk Uji
N-Gain diperoleh skor 0,59 dengan kriteria cukup efektif. Dengan demikian dapat
disimpulan scrapbook yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060403 Developmental Genetics (incl. Sex Determination)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ika Ika Habibatur Rohmah
Date Deposited: 20 May 2025 02:20
Last Modified: 20 May 2025 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41000

Actions (login required)

View Item View Item