Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Dalam Mengembangkan UMKM di Kabupaten Jember

Alfiyati, Mila (2025) Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Dalam Mengembangkan UMKM di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MILA ALFIYATI _212105020047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro merupakan suatu lembaga pemerintah yang membantu gubernur dalam melaksanakan urusan pemerintah dibidang koperasi, usaha kecil dan menengah di suatu daerah. Fungsi utama adanya lembaga ini ialah untuk mengembangkan koperasi dan pendampingan bagi para UMKM seperti melakukan bimbingan, pelatihan dan memberikan informasi mengenai kebijakan pemerintah tentang koperasi dan UMKM. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember ini berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM.

Kata Kunci: Peran, Mengembangkan, UMKM
Fokus dalam skripsi ini adalah 1)Bagaimana peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Jember? 2)Bagaimana persepsi pelaku UMKM di Kabupaten Jember terhadap layanan yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember?
Tujuan penelitian dari skripsi ini yaitu 1) untuk mengetahui peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM di Kabupaten Jember pada layanan yang telah diberikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini yang dilakukan ialah proses konsendasi data, tampilan data, dan dikhir yairu penarikan kesimpulan. Dalam analisis data ini prosesnya mengolah data yang sesuai dengan informasi yang didapat dilapangan.
Kesimpulan dalam penelitian ini 1)peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember telah sesuai dengan kinerja mereka yaitu memberikan layanan dan pelatihan yang relevan, lalu menjadi fasilitator, memberikan solusi yang tepat pada UMKM, dan mengadakan evaluasi terkait efektifitas program-program yang telah dilaksanakan. 2)Persepsi para pelaku usaha tentang layanan ini yaitu sangatlah berpengaruh positif terhadap usaha mereka, dengan layanan yang diberikan para pelaku usaha UMKM termotivasi untuk terus mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Mila Alfiyati
Date Deposited: 21 May 2025 03:10
Last Modified: 21 May 2025 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41070

Actions (login required)

View Item View Item