Qoiriyah, Wildanul (2025) Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Metode Yanbu'a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur'an bagi Santri Baru di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI WILDANUL QOIRIYAH WATERMARK-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Meningkatkan kemampuan membaca dan menulsi Al-Qur’an dapat diatasi dengan penerapan pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a. Santri baru di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Lumajang masih tergolong kurang dalam kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Melalui pembelajaran AL-Qur’an metode Yanbu’a, santri baru dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis AL-Qur’an. Dengan membaca nada khas metode Yanbu’a, ketepatan dalam makhorijul huruf, tajwid, dan menulis dengan huruf hijaiyah bersambung maupun huruf hijaiyah tunggal dan menulis arab pegon.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi santri baru di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Lumajang? 2) Bagaimana penerapan pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi santri baru di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Lumajang? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi santri baru di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Lumajang?.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, penerapan dan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi santri baru di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi santri baru yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, menetapkan bahan ajar, pemilihan strategi pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, merumuskan evaluasi pembelajaran dan pemilihan pembina metode Yanbu’a. 2) Penerapan pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an bagi santri baru dengan menggunakan dua strategi, yaitu strategi klasikal dan strategi individual. 3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dilakukan dengan empat tes, yaitu tes kenaikan halaman, kenaikan jilid, tes kelulusan, dan tindak lanjut kelulusan.
Kata kunci: Membaca AL-Qur’an, Menulis Al-Qur’an, dan Metode Yanbu’a
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Thesis Wildanul Qoiriyah |
Date Deposited: | 21 May 2025 07:15 |
Last Modified: | 21 May 2025 07:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |