PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MABIT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Afkarina, Izza (2025) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MABIT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 1 YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Izza Afkarina fiks.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Izza Afkarina, 2025: Penggunaan Multimedia Interaktif Mabit Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri Kelas X di SMA Negeri
1 Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti
Multimedia interaktif merupakan media yang didalamnya terdapat
gabungan beragam unsur, seperti teks, grafis, suara, audio, video, animasi serta
berinteraksi di dalam multimedia tersebut, baik berupa feedback atas materi yang
ditayangkan. Salah satu guru di SMAN 1 Yosowilangun telah menciptakan
multimedia interaktif berupa Aplikasi Mabit, hal ini menjadi peneliti tertarik
memilih judul Penggunaan Multimedia Interaktif Mabit Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X di SMAN 1 Yosowilangun
Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2024/2025.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini 1). Bagaimana Penggunaan Multimedia
Interaktif Mabit dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas X di SMA Negeri 1 Yosowilangun? 2). Apa Saja Kelebihan dan
Kekurangan Penggunaan Multimedia Interaktif Mabit Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X di SMA Negeri 1
Yosowilangun? 3). Bagaimana Respon Siswa Terhadap Penggunaan Multimedia
Interaktif Mabit Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Kelas X di SMA Negeri 1 Yosowilangun? Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan bagaimana penggunaan, kelebihan dan kekurangan serta
mengetahui respon siswa Terhadap Penggunaan Mabit Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X di SMA Negeri 1
Yosowilangun
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan jenis
Concurrent Embedded Design. Jenis ini adalah metode yang menggabungkan
antara metode pengumpulan data (kualitatif dan kuantitatif) secara bersamaan.
serta memiliki data primer sebagai data yang lebih dominan yaitu data kualitatif
dan data sekunder yang merupakan hasil datanya sebagai pelengkap atau
pendukung.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1). Penggunaan multimedia
interaktif dalam pembelajaran PAI dan BP diterapkan dengan pendekatan Alur
Merdeka. 2). Kelebihan dan kekurangan penggunaan multimedia interaktf dalam
pembelajaran PAI dan BP diantaranya a) Dapat meningkatkan rasa ketertarikan
dan minat peserta didik, Memudahkan peserta didik dalam memahami materi,
Peserta didik dapat mengakses secara mandiri, Memudahkan guru dalam
menyampaikan materi, b) Membutuhkan jaringan internet, Aplikasi memakan
banyak ruang penyimpanan, Keterbatasan materi yang disajikan. 3). Respon siswa
terhadap penggunaan Mabit telah memenuhi kriteria dalam indikator kemudahan
navigasi, kandungan kognisi, presentasi informasi, integrasi media, artistik dan
estetika. Sedangkan respon siswa mengenai multimedia interaktif dalam kriteria
berfungsi secara keseluruhan terhitung belum mencapai kriteria tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thesis Izza Afkarina
Date Deposited: 21 May 2025 06:13
Last Modified: 21 May 2025 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41096

Actions (login required)

View Item View Item