Muharomah, Nuri Iza (2025) Pengaruh Tutor Sebaya Pembelajaran Al-Qur'an terhadap Kemandirian Belajar dan Keterampilan Berbicara Santri Ponpes Adz�-Dzikra Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq JEMBER.
![]() |
Text
TESIS NURI IZA MUHAROMAH.pdf Download (7MB) |
Abstract
Muharomah, Nuri Iza. 2024. Pengaruh tutor sebaya pembelajaran al-qur’an terhadap kemandirian belajar dan keterampilan berbicara santri ponpes adz-dzikra banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.Pembimbing I: Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag., M.M. Pembimbing II: Dr.Drs. H. Supriadi, M.Pd.I.Kata Kunci : Tutor Sebaya, Pembelajaran Al-Qur’an, Kemandirian Belajar,Keterampilan Berbicara.Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kemampuan berbicara merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Banyak santri yang menghadapi kesulitan dalam menyampaikan ide maupun pendapat sehingga keterampilan berbicaranya ku rang lancar. Selain itu, penerapan pembelajaran yang berpusat pada guru membuat santri belajar hanya ketika diarahkan sehingga merasa kesulitan dan kurang mandiri dalam belajar. Untuk itu, metode tutor sebaya dalam pembelajaran Al-Qur’an di ponpes Adz-Dzikra Banyuwangi menjadi solusi untuk meningkatkan kemandirian belajar dan keterampilan berbicara para santri.Tujuan dari penelitian adalah (1) menganalisis pengaruh tutor sebaya pembelajaran Al-Qur’an terhadap kemandirian belajar santri ponpes Adz-Dzikra Banyuwangi. (2) menganalisis pengaruh tutor sebaya pembelajaran Al-Qur’an terhadap keterampilan berbicara santri ponpes Adz-Dzikra Banyuwangi. (3) menganalisis pengaruh tutor sebaya pembelajaran Al-Qur’an terhadap kemandirian belajar dan keterampilan berbicara santri ponpes adz-dzikra banyuwangi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi berjumlah 240 santri dan sampel berjumlah 150 santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji manova dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Tutor sebaya pembelajaran Al-Qur’an berpengaruh terhadap kemandirian belajar santri di ponpes Ad-Dzikra Banyuwangi, dengan nilai thitungsebesar 16.366 lebih besar dari ttabel yaitu 1,976 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari (α=0,05) serta kontribusi pengaruh sebesar 64,4%. (2) Tutor sebayapembelajaran Al-Qur’an berpengaruh terhadap keterampilan berbicara santri di ponpes Ad-Dzikra Banyuwangi, dengan nilai thitung sebesar 16.856 lebih besar dari ttabel yaitu 1,976 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari (α=0,05) serta kontribusi pengaruh sebesar 65,8%. (3) Tutor sebaya pembelajaran Al-Qur’anberpengaruh terhadap kemandirian belajar dan keterampilan berbicara secara simultan pada santri di ponpes Ad-Dzikra Banyuwangi diperoleh, uji manova atau uji F bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari (α=0,05) serta R square sebesar 0,752 dan 0,767 maka dinyatakan korelasinya kuat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nuri Muharomah |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:27 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |